Analisis hukum islam terhadap pelaksanaan akad pinjaman uang kuliah di marketplace cicil.co.id

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatulloh, Andi (2020) Analisis hukum islam terhadap pelaksanaan akad pinjaman uang kuliah di marketplace cicil.co.id. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

This is the latest version of this item.

[img] Text
Andi Hidayatulloh_C92216146.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bersifat kualitatif, pola pikir yang digunakan dalam skripsi ini adalah induktif yaitu bermula dari pemaparan akad qardh dan akad ijarah kemudian digunakan untuk menganalisa hal umum yakni tentang pinjaman uang kuliah di marketplace cicil.co.id. Sumber data yang didapatkan dari wawancara dengan student ambassador, campus coordinator, dan data dokumen yang didapat dari website cicil.co.id serta beberapa buku terkait dari judul skripsi ini. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan metode deskriptif, yakni mendeskripsikan seluruh data yang telah diperoleh dalam bentuk paragrap.Penelitian ini menghasilkan data yaitu cara mendapatkan pinjaman uang kuliah di marketplace cicil.co.id yang melalui beberapa mekanisme yakni registrasi, melengkapi data diri dan memilih jenis pinjaman, menentukan jumlah cicilan perbulan sehingga muncul berapa cicilan bulanan yang harus dibayarkan setelah ditambahkan margin, verifikasi selama 5 hari kerja, peminjam akan dipertemukan dengan student ambassador untuk melakukan tanda tangan perjanjian pembiayaan, membayar uang muka, dan uang kuliah akan di bayar oleh Cicil secara langsung kepada pihak kampus, nasabah mulai membayar cicilan. Keterlambatan saat telat membayar akan dikenakan denda. Dalam analisis hukum islam terhadap pinjaman uang kuliah di marketplace cicil.co.id ini semua rukun dan syarat al-Qarḍ sah terpenuhi. Namun terdapat biaya margin yang mana dalam analisis bertentangan dalam makna al-Qarḍ sendiri yang tidak boleh mengambil biaya tambahan, sementara biaya biaya administrasi dan denda keterlambatan sesuai/tidak bertentangan dengan fatwa DSN-MUI No. 19/DSN-MUI/IV/2001 Tentang al-Qarḍ. Dalam analisis Ijarah pada rukun harga sewa/imbalan tidak terpenuhi karena bertentangan Fatwa DSN-MUI No. 44/DSN-MUI/VIII/2004 tentang Pembiayaan Multijasa, dan sebagian rukun lainnya sah terpenuhi. Diharapkan mahasiswa islam agar melakukan pinjaman kepada lembaga atau muqrid yang menerapkan pola akad sesuai dengan prinsip syariah, guna semata-mata transaksi yang dilakukan sah menurut syariat islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatulloh, Andiandihidayatulllah93@gmail.comC92216146
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Moch. Zainulzainularifin231@gmail.co2017047102
Subjects: Hukum Islam > Utang Piutang
Keywords: Pinjaman uang; Hutang; Marketplace Cicil.co.id; Pinjaman online.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Ekonomi Syariah
Depositing User: Rizal Hamdani
Date Deposited: 03 Nov 2021 23:59
Last Modified: 03 Nov 2021 23:59
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50918

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item