Analisis wacana representasi motherhood dalam novel "Hujan" karya Darwis Tere Liye

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahayu, Puji (2021) Analisis wacana representasi motherhood dalam novel "Hujan" karya Darwis Tere Liye. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Puji Rahayu_B75217134.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini akan membahas tentang bagaimana representasi motherhood dalam novel “Hujan”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui wacana dari isi pesan tentang peran ibu yang terkandung dalam novel. Penelitian ini menggunakan metode analisis wacana kritis model Norman Fairclough. Dalam penelitian ini menganalisis melalui tiga tahapan, yaitu dari teks, discourse practice, dan juga sosiocultural practice. Dalam penelitian ini peneliti menggunakan pendekatan kualitatif. Dari sebuah novel dengan tebal 320 halaman, peneliti mengambil data-data terkait yang berkaitan dengan motherhood untuk kemudian di sinkronisasi dengan data-data yang ditemukan di lapangan dan dianalisis dengan model Norman Fairclough. Hasil dari penelitian ini terkait representasi motherhood dalam novel “Hujan” adalah terkait tentang representasi dari motherhood yang digambarkan melalui alur cerita, yaitu dari segi dialog dan tindakannya. Pada hasil analisis ini ada tiga representasi yang tergambar. Pertama, ibu sebagai sosok yang peduli, kepeduliannya ditunjukkan dengan sikapnya yang penuh perhatian terhadap anak. Kedua, ibu yang bijaksana digambarkan dengan sikapnya yang tegas untuk mengambil keputusan. Ketiga, ibu yang penuh pengorbanan, sikap ini tergambar melalui dialog sang ibu yang menggenggam anaknya dan sikap untuk mampu memilih hal-hal yang harus diprioritaskan, terutama anaknya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahayu, Pujipjr.ayu16@gmail.comB75217134
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNikmah, Hadiati--197301141999032004
Subjects: Keluarga
Keluarga > Keluarga - Anak
Keywords: Representasi Motherhood; Norman Fairclough; Novel.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Puji Rahayu
Date Deposited: 02 Nov 2021 14:25
Last Modified: 02 Nov 2021 14:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50906

Actions (login required)

View Item View Item