Analisis pengalaman pengguna terhadap kepuasan pengguna dan electronic word of mouth pada aplikasi kesehatan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sahroni, Mita Yuanika (2021) Analisis pengalaman pengguna terhadap kepuasan pengguna dan electronic word of mouth pada aplikasi kesehatan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mita Yuanika Sahroni_H06217009.pdf

Download (1MB)

Abstract

Semakin berkembangnya pengetahuan maka inovasi untuk menciptakan suatu teknologi baru akan semakin banyak diluncurkan, maka dibutuhkan evaluasi untuk mengetahui suatu aplikasi telah diterima baik oleh pengguna atau belum. Pada masa pandemi seperti saat ini membuat kegiatan pada bidang kesehatan mengalami perubahan yang signifikan dalam melakukan penanganan pasien. Semua kebutuhan yang berkaitan dengan kesehatan tersedia secara online seperti pada aplikasi halodoc. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui adanya pengaruh antara pengalaman pengguna terhadap electronic word of mouth yang dimediasi kepuasan maupun resistensi pengguna pada saat pengguna menggunakan layanan aplikasi halodoc. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Partial Least Square yang menggunakan aplikasi pendukung yaitu SmartPLS. Pengumpulan data menggunakan teknik simple random sampling dan data yang terkumpul 359 pengguna aplikasi layanan kesehatan halodoc dengan kuesioner. Hasil dari analisis PLS menunjukkan bahwa adanya hubungan positif dan signifikan antara variabel pengalaman pengguna dengan electronic word of mouth yang dimediasi oleh kepuasan pengguna (user satisfaction) dengan bukti nilai path coefficient ≥ 0 sebesar 0,164, nilai P Value < 0,05 dan nilai T-Statistik > 1,96, selanjutnya pengalaman pengguna dengan electronic word of mouth yang dimediasi oleh resistensi pengguna memiliki pengaruh yang negatif dan tidak signifikan .

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sahroni, Mita Yuanikamitaysahroni@gmail.comH06217009
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrozi, Yusufyusuf.amrozi@uinsby.ac.id2003077601
Thesis advisorWahyudi, Noorn.wahyudi@uinsby.ac.id2023038401
Subjects: Adopsi
Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: User Experience; User Satisfaction; Electronic Word of Mouth; User Resistance; PLS.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Mita Yuanika Sahroni
Date Deposited: 03 Nov 2021 07:32
Last Modified: 03 Nov 2021 07:32
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50890

Actions (login required)

View Item View Item