Analisis resepsi ibu rumah tangga di Dusun Popoan Desa Kepohagung Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban tentang pesan dakwah film televisi (ftv) Indosiar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lina, Siti Nur (2021) Analisis resepsi ibu rumah tangga di Dusun Popoan Desa Kepohagung Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban tentang pesan dakwah film televisi (ftv) Indosiar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Nur Lina_B91217095.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah bagaimana penerimaan serta pemahaman dan pemaknaan ibu rumah tangga di Dusun Popoan Desa Kepohagung Kecamatan Plumpang Kabupaten Tuban tentang pesan dakwah FTV Indosiar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi. Teori pendukung dari penelitian ini menggunakan teori encoding-decoding milik Stuart Hall. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemahaman ibu rumah tangga Dusun Popoan tentang pesan dakwah FTV Indosiar adalah sebagai penggambaran bahwa orang akan menerima balasan sesuai dengan perbuatan yang dilakukan, digambarkan melalui perilaku yang ditampilkan oleh para karakternya, dan merepresentasikan kehidupan nyata. Serta pemaknaan ibu rumah tangga Dusun Popoan tentang pesan dakwah FTV Indosiar adalah sebagai self reminder agar senantiasa menjauhkan diri dari berbuat keburukan dan sebagai motivasi untuk berbuat baik. Resepsi ibu rumah tangga Dusun Popoan terhadap pesan dakwah FTV Indosiar terkategorisasikan ke dalam posisi hegemoni dominan (4 orang), posisi negosiasi (2 orang), dan posisi oposisi (1 orang). Rekomendasi untuk penelitian selanjutnya diharapkan dapat mengkaji lebih dalam aspek-aspek lain seperti kualitas konten isi acara FTV Indosiar dan dampak program tersebut terhadap khalayak.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lina, Siti Nursitinurlina1183@gmail.comB91217095
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPrihananto, Prihanantoprih4n4nto@gmail.com2030126801
Subjects: Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Analisis resepsi; Ibu rumah tangga; Pesan dakwah; ftv indosiar.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Siti Nur Lina
Date Deposited: 03 Nov 2021 04:25
Last Modified: 03 Nov 2021 04:25
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50881

Actions (login required)

View Item View Item