Pemanfaatan fermentasi jerami sebagai pakan alternatif melalui pengorganisasian peternak sapi di rt 02 rw 03 Dusun Ngadiluwih Desa Wonosari Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Iyana, Aria Bagus (2021) Pemanfaatan fermentasi jerami sebagai pakan alternatif melalui pengorganisasian peternak sapi di rt 02 rw 03 Dusun Ngadiluwih Desa Wonosari Kecamatan Sine Kabupaten Ngawi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aria Bagus Iyana_B92217054.pdf

Download (3MB)

Abstract

Potensi jerami yang melimpah di dusun ngadiluwih menjadi aset utama dari pakan ternak sapi. Jeramk yang terbiuah dengan sia-sia dan tidak termanfaatkan dengban baik, menjadi latar belakang terciptnya kemanfaatan jerami sebagai upaya perternakan kreatif dan inovatif. Ketersedian pakan sapi yang sulit di saat kemarau dan produksi jerami yang melimpah tak termanfaatkan dengan baik. Penelitian ini memfokuskan pada aset peternakan sapi. Sebagai upaya menciptakan sebuah inovasi peternakan sapi mengunakan teknik fermentasi EM4 dengan media limbah jerami. Dalam penelitian ini membas tentang bagaimana proses pengorganisasian masyarakat peternak sapi dan bagaimana perubahan sebelum dan sesudah pendampingan dilakuikan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan ABCD (Assed Basic Community Development) dimana metode ini memiliki tahapan yang biasa disebut dengan siklus 5-D yaitu Define, discovery, dream, design, dan destiny.Hasil dari pendampingan ini adalah meningkatnya kepekaan masyarakat tentang inovasi baru berkenaan pakan ternak sapi. Dalam mewujudkan hal itu masyarakat belajar untuk menciptakan sebuiah inovasi dan kreatifitas dalam memnafaatkan limpah jerami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Iyana, Aria BagusKamandanu2504@gmail.comB92217054
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, MunirKamandanu2504@gmail.com2017035901
Subjects: Bimbingan Penyuluhan
Daur Ulang
Lingkungan Hidup
Keywords: Pemberdayaan; Pengorganisasian peternak sapi; Kultur social masyarakat.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Iyana Aria Bagus
Date Deposited: 02 Nov 2021 02:00
Last Modified: 02 Nov 2021 02:00
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50872

Actions (login required)

View Item View Item