Pengaruh antara tekanan institusi terhadap penerimaan teknologi yang dimoderasi resistensi terhadap perubahan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Syahputri, Trisha Aida (2021) Pengaruh antara tekanan institusi terhadap penerimaan teknologi yang dimoderasi resistensi terhadap perubahan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Trisha Aida Syahputri_H76217069.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam menerapkan teknologi informasi penting untuk mengetahui bagaimana pengguna menerima sistem tersebut, sehingga penerimaan teknologi mendapat perhatian yang cukup tinggi pada bidang penelitian. Penerimaan teknologi secara logika dimungkinkan akan lebih efektif apabila terdapat tekanan institusi yang mempengaruhinya, dimana tekanan institusi terdiri dari tekanan koersif, mimetik dan normatif. Agar organisasi dapat tetap berkembang dan memperoleh keuntungan, lingkungan organisasi seakan memaksa untuk bergerak lebih kompleks dan kompetitif. Namun dalam praktiknya terciptanya perubahan dari organisasi tidak selalu diterima, atau diistilahkan dengan resistensi terhadap perubahan, dimana pada kenyataannya resistensi terhadap perubahan merupakan faktor yang penting dalam menerima teknologi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh tekanan institusi terhadap penerimaan teknologi dan pengaruh moderasi resistensi terhadap perubahan. Metode yang digunakan yaitu kuantitatif dengan melakukan penyebaran kuesioner terhadap 242 responden. Analisis menggunakan regresi berganda dengan bantuan aplikasi SPSS dengan hasil tekanan koersif memberikan pengaruh yang tidak signifikan, tekanan mimetik dan normatif memberikan pengaruh yang signifikan. Temuan lainnya menyatakan bahwa resistensi terhadap perubahan tidak mampu memoderasi pengaruh tekanan institusi terhadap penerimaan teknologi. Dengan demikian, dapat menjadi kontribusi penelitian bahwa tekanan mimetik dan normatif dapat diterapkan pada penerimaan teknologi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Syahputri, Trisha Aidaaidatrishas@gmail.comH76217069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAmrozi, Yusufyusuf.amrozi@uinsby.ac.id2003077601
Thesis advisorMilad, Mohammad Khusnum.milad@uinsby.ac.id0729017902
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Tekanan institusi; penerimaan teknologi; resistensi terhadap perubahan; analisis regresi; uji interaksi
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Trisha Aida Syahputri
Date Deposited: 04 Nov 2021 03:30
Last Modified: 04 Nov 2021 03:30
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50870

Actions (login required)

View Item View Item