Pengembangan desa wisata Taman Kalianyar Mumbul dalam upaya pemberdayaan masyarakat oleh pemerintah Desa Kalianyar

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Prameswari, Galuh Nefia (2021) Pengembangan desa wisata Taman Kalianyar Mumbul dalam upaya pemberdayaan masyarakat oleh pemerintah Desa Kalianyar. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Galuh Nefia Prameswari_I71217031.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pengembangan Desa Wisata Taman Kalianyar Mumbul Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Oleh Pemerintah Desa Kalianyar, Skripsi Program Studi Ilmu Politik Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui bagaimana pengembangan desa wisata Taman Kalianyar Mumbul dalam upaya pemberdayaan masyarakat oleh Pemerintah Desa Kalianyar; (2) mengetahui strategi Pemerintah Desa Kalianyar dalam mengembangan wisata Taman Kalianyar Mumbul sehingga tercapainya pemberdayaan masyarakat; (3) mengetahui faktor penghambat pengembangan desa wisata Taman Kalianyar Mumbul dan pemberdayaan masyarakat di desa kalianyar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Teori yang digunakan adalah teori stakeholder, teori anggaran, dan teori pemberdayaan masyarakat. Hasil penelitian dalam penelitian ini adalah: (1) Pemerintah Desa memiliki peran yang cukup dominan terhadap Pengembangan Desa Wisata Taman Kalianyar Mumbul. Pemerintah Desa sebagai penyedia modal yang bersumber dari dana APBDes. Program Desa Wisata Taman Kalianyar Mumbul dianggarkan dalam APBDes desa Kalianyar mulai tahun anggaran 2019. Selain itu Pemerintah Desa juga memberikan penyertaan modal desa kepada BUMDes sebagai pengelola Taman Kalianyar Mumbul agar dapat dimanfaatkan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat desa serta mendorong pemberdayaan masyarakat desa kalianyar. (2) BUMDes sebagai penerima mandat dari Pemerintah Desa untuk mengelola Taman Kalianyar Mumbul mempunyai weenang mengatur segala sesuatu berkaitan dengan tata kelola Taman Kalianyar Mumbul. BUMDes memiliki peran mewujudkan pemberdayaan masyarakat desa kalianyar dengan mengajak masyarakat agar bergabung dalam pengelolaan Taman Kalianyar Mumbul. (3) masyarakat desa kalianyar juga mempunyai andil cukup besar dalam keberhasilan pengelolaan Taman Kalianyar Mumbul. Masyarakat menjadi acuan terlaksananya pemberdayaan masyarakat. Selain itu partisipasi masyarakat khususnya pemuda menandakan bahwa desa Kalianyar merupakan desa maju dan berdaya saing.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Prameswari, Galuh Nefianefiagaluh46@gmail.comI71217031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolis, Moh. Ilyasilyasrolis@gmail.com2018047701
Subjects: Pembangunan
Pemberdayaan
Pembangunan > Pembangunan Desa
Keywords: Desa Wisata; Pemberdayaan Masyarakat; Pemerintah Desa.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Galuh Nefia Prameswari
Date Deposited: 07 Nov 2021 03:39
Last Modified: 07 Nov 2021 03:39
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50849

Actions (login required)

View Item View Item