Peran Lembaga Swadaya Masyarakat Menurut Intruksi Menteri Peran lembaga swadaya masyarakat menurut Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 8 tahun 1990 tentang pembinaan lembaga swadaya masyarakat dalam perspektif fiqh siyasah: studi kasus tentang LSM LIRA di Kabupaten Sampang Madura

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Lilik (2020) Peran Lembaga Swadaya Masyarakat Menurut Intruksi Menteri Peran lembaga swadaya masyarakat menurut Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 8 tahun 1990 tentang pembinaan lembaga swadaya masyarakat dalam perspektif fiqh siyasah: studi kasus tentang LSM LIRA di Kabupaten Sampang Madura. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lilik Fauziyah_C95216074.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Jenis penelitian kualitatif dengan prosedur penelitian yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Adapun pendekatan yang diambil dalam penelitian ini adalah dengan berbasis pendekatan studi kasus karena dalam penelitian ini dilakukan secara intensif, terinci, dan mendalam terkait peran dari Lembaga Swadaya Masyarakat LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) dalam pemberdayaan masyarakat Kabupaten Sampang. Teknik pengumpulan data penulis melakukan dengan observasi, wawancara, serta dokumentasi. Dalam penelitian ini, penulis menunjukkan bahwa permasalahan tentang kesejahteraan sosial yang berkembang ada hak warga negara yang belum terpenuhi hak atas kebutuhan dasarnya secara benar dan layak karena belum memperoleh pelayanan sosial dari negara. Sehingga masih ada masyarakat yang masih mengalami hambatan pelaksanaan fungsi sosial sehingga tidak dapat menjalani kehidupan secara layak. Maka dari itu penyelenggaraan kesejahteraan sosial atau kesejahteraan masyarakat adalah upaya yang terarah, terpadu dan berkelanjutan yang tidak hanya dilakukan pemerintah, pemerintah daerah, namun disini semua harus berperan seperti organisasi kemasyarakatan dan lembaga swadaya masyarakat. Dalam penelitian ini penulis juga menyandingkan dengan siyasah dusturiyah dimana Lembaga Swadaya Masyarakat dalam melaksanakan fungsinya bernaung dalam Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 1990 Tentang Pembinaan Lembaga Swadaya Masyarakat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, LilikLilikfauziyah97@gmail.comC95216074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorYasin, Achmadachmadyasin650@gmail.com2027076702
Subjects: Fikih > Fikih Siyasah
Masyarakat
Keywords: LSM Lira;Peran Lembaga Swadaya Masyarakat;Intruksi Menteri Dalam Negeri Nomor 8 Tahun 1990.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Lilik Fauziyah
Date Deposited: 31 Oct 2021 10:04
Last Modified: 31 Oct 2021 10:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50830

Actions (login required)

View Item View Item