Peran pengawasan pimpinan dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai di Kantor Urusan Agama Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ariffudin, Muhammad (2021) Peran pengawasan pimpinan dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai di Kantor Urusan Agama Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Ariffudin_B94217109.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran pengawasan pimpinan dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai di Kantor Urusan Agama Kecamatan Purwosari Kabupaten Bojonegoro. Selain itu, juga bertujuan untuk mengetahui peran seorang pemimpin dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Metode deskriptif kualitatif digunakan sebagai cara yang praktis untuk menjabarkan dan menjelaskan peran pengawasan pimpinan dalam meningkatkan disiplin kerja pegawai. Kemudian, teknik pengumpilan data menggunakan cara triangulasi data. Cara tersebut dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara.Hasil penelitian ini adalah pengawasan yang dilakukan di Kantor Urusan Agama Kecamatan Purwosari berpedoman dengan standar operasional prosedur. Selain itu, pemimpin juga rutin mengadakan pemeriksaan serta evaluasi setiap dua minggu sekali. Pengawasan juga dilakukan dengan cara sering melakukan komunikasi dan koordinasi antara pemimpin dengan bawahan. Peran pemimpin di Kantor Urusan Agama Kecamatan Purwosari adalah membimbing, membina, dan memberikan masukan ketika terjadi kesalahan dalam kinerja bawahan. Kemudian, peran pemimpin dalam meningkatkan kedisiplinan adalah menerapkan gaya kepemimpinan partisipatif serta menggunakan pendekatan kekeluargaan. Pemimpin memberikan kesempatan kepada bawahan untuk menyalurkan aspirasi dan idenya untuk memajukan organisasi. Selain itu, pemimpin dalam mengawasi bawahannya menggunakan pendekatan kekeluargaan. Pendekatan tersebut bertujuan agar pimpinan dengan bawahan dapat sama-sama memberikan pengertian.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ariffudin, Muhammadariffudin537@gmail.comB97217109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLabib, Muftimuftilabib@gmail.com2002016401
Subjects: Manajemen Strategi
Kepemimpinan
Keywords: Pengawasan; Pemimpin; Disiplin Kerja.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Muhammad Ariffudin
Date Deposited: 31 Oct 2021 08:26
Last Modified: 31 Oct 2021 08:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50824

Actions (login required)

View Item View Item