Implementasi Good Governance sebagai pengendalian internal terhadap pengelolaan dana Zis di Laz Al –Azhar Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Santoso, Aliuddin Budi (2021) Implementasi Good Governance sebagai pengendalian internal terhadap pengelolaan dana Zis di Laz Al –Azhar Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Aliuddin Budi Santoso_G95217027.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini mengunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan tujuan untuk memahami sebuah fenomena yang terjadi di masyarakat, melalui hasil kajian terdahulu yang membutuhkan pemahaman mendalam mengenai fenomena yang terjadi di masyarakat atau lingkungan sosial yang ada. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Good Governance sebagai pengendalian internal dalam pengelolaan dana zakat, infaq dan sedekah di LAZ Al – Azhar Jawa Timur adalah Transparansi yang dilakukan memanfaatkan media sosial dan media cetak berupa majalah yang diterbitkan setiap tiga bulan sekali. Akuntabilitas yang dilakukan setiap akhir bulan mengadakan rapat bersama dengan kantor LAZ Al – Azhar. Tahap pertanggung jawaban kepada donatur atau muzakki, belum bisa menyedikan pelaporan keuangan di situs resminya, akan tetapi LAZ Al – Azhar menyediakanya melalui media cetak berupa majalah. Responsibilitiy dalam penerapanya yang dilakukan oleh LAZ Al – Azhar Jawa Timur disetiap divisi telah memiliki SOPnya masing – masing, dan pedistribusainya memiliki dua progam. Independency yang terdapat pada LAZ Al – Azhar Jawa Timur memberikan kebebasan setiap anggota divisinya untuk menyusun progam kerja. Mengelola Komunikasi organisasi yang terstruktur LAZ Al – Azhar Jawa Timur menyampaikan hasil kinerjanya kepada kantor pusat di Jakarta. Kebijakan rangkap jabatan LAZ Al – Azhar Jawa Timur belum berjalan secara maksimal karena masih adanya rangkap jabatan dalam satu organisasi. Fairnnes yang terdapat pada LAZ Al – Azhar Jawa Timur dalam bentuk memberikan kesetaraan dan keadilan kepada donatur, memberikan akses pelayanan yang memudakan dalam membayar zakat baik infaq maupun sedekah. Sedangkan kepada para mustahik LAZ Al – Azhar Jawa Timur memberikan mulai dari aspek pendidikan, kesehatan, ekonomi dan keagamaan. Peneliti memberikan saran bagi LAZ Al – Azhar Jawa Timur agar membenahi struktur organisasi supaya tidak terdapat rangkap jabatan dan juga lebih meningkatkan pengunaan media sosial dalam melakukan keterbukaan informasi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Santoso, Aliuddin Budialiuddinbudi@gmail.comG95217027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSamsuri, Andrianiandriani@uinsby.ac.id2002087603
Subjects: Zakat
Amil Zakat
Keywords: Good Governance; LAZ Al – Azhar; Pengendalian Internal.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Aliuddin Budi Santoso
Date Deposited: 31 Oct 2021 05:58
Last Modified: 31 Oct 2021 05:58
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50819

Actions (login required)

View Item View Item