Pemahaman dan perhitungan Zakat Perdagangan: telaah etnomatematika pengusaha rumah makan di Kota Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wahyuni, Maesy Ika Putri (2021) Pemahaman dan perhitungan Zakat Perdagangan: telaah etnomatematika pengusaha rumah makan di Kota Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Maesy Ika Putri Wahyuni_G95217036.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data penelitian adalah teknik dokumentasi, observasi dan wawancara. Untuk teknik pengolahan data peneliti menggunakan teknik editing, organizing, dan analizing. Selanjutnya di analisis dengan metode deskriptif analisis untuk mendapatkan kesimpulan secara khusus tentang pemahaman pengusaha rumah makan mengenai zakat perdagangan dan praktik etnomatematikanya yang kemudian di analisis. Sumber data primer yang didapatkan dari wawancara terhadap informan yaitu pemilik usaha rumah makan di Kota Gresik sebanyak 8 pengusaha, sedangkan untuk sumber data sekunder diperoleh melalui studi literatur yang memperkuat data primer.Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pemahaman masyarakat Kota Gresik khususnya pengusaha rumah makan dalam memberikan zakat hasil dagangnya masih rendah. Para pelaku usaha kurang mengerti dan paham tentang ketentuan nishab dan haulnya. Mereka hanya memahami mengenai kadar zakatnya yakni sebesar 2,5% dari keuntungan yang didapatkan. Ada beberapa yang sudah tepat dalam hal menentukan nishab, haul, dan kadar, juga ada yang masih belum mengetahui sama sekali. Sehingga dampak pada perhitungan zakat perdagangan yang diterapkan belum sesuai dengan ketentuan syariat Islam dan masyarakat masih menggunakan perhitungan sesuai dengan pemahaman yang diperoleh dari lingkungan sosial. Hal tersebut yang menjadikan zakat perdagangan tidak sah tidak memenuhi kriteria harta yang wajib dizakati. Sikap masyarakat yang masih tradisional ini diwujudkan dalam bentuk pembagian zakat ke masyarakat di lingkungan tempat tinggalnya, maupun ke kerabat-kerabat yang dirasa membutuhkan tanpa memperhatikan mustahiq zakat yang terdiri dari 8 asnaf.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wahyuni, Maesy Ika Putrimikapw30@gmail.comG95217036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, LilikLilik_Elrahma@yahoo.com198106062009012008
Subjects: Budaya - Agama
Ekonomi Islam
Zakat
Keywords: Pemahaman; Zakat perdagangan;etnomatematika.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Maesy Ika Putri Wahyuni
Date Deposited: 27 Oct 2021 22:56
Last Modified: 27 Oct 2021 22:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50810

Actions (login required)

View Item View Item