Analisis hukum islam terhadap pinjam meminjam uang kas organisasi paduan suara Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya untuk keperluan pribadi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ningtyas, Shofi Miftakhul (2020) Analisis hukum islam terhadap pinjam meminjam uang kas organisasi paduan suara Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya untuk keperluan pribadi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofi Miftakhul Ningtyas_C92216201.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research). Teknik pengumpulan data yang diperoleh melalui observasi, wawancara dan dokumentasi dengan data primer Organisasi Paduan Suara Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya selanjutnya dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif dengan kesimpulan yang diambil dengan pola pikir deduktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: pertama, uang pinjaman digunakan untuk pembayaran basecamp maupun keperluan pribadi yang mayoritas dapat melunasi tepat waktu tetapi ada juga yang melewati kesepakatan waktu yang ditentukan dan akad peminjaman uang kas tidak ada kesepakatan dengan anggota pengurus melainkan hanya keputusan ketua umum dan/atau bendahara; kedua, akad pinjam meminjam uang kas organisasi tidak sesuai dengan hukum Islam karena dalam akad qarḍ ketua dan bendahara tidak ada hak untuk meminjamkan uang kas di luar operasional organisasi dan akad tersebut terdapat mafsadah yang lebih besar diantaranya peminjam kurang tanggung jawab untuk melunasi tepat waktu dan terganggunya keuangan organisasi. Sejalan dengan hasil penelitian tersebut, maka: pertama, pihak pengurus organisasi lebih baik membuat peraturan tentang alokasi keuangan organisasi; kedua, harus ada kesepakatan antara ketua dan/atau bendahara dengan anggota pengurus adanya akad pinjam meminjam uang kas organisasi hal tersebut bertujuan agar tidak terganggunya keuangan organisasi serta adanya musyawarah dan keterbukaan dengan anggota pengurus organisasi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ningtyas, Shofi Miftakhulshofimn21@gmail.comC92216201
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorChairah, Dakwatuldakwah_chairah@yahoo.com2023045701
Subjects: Hukum Islam > Utang Piutang
Keywords: Hutang piutang; kutang kas organisasi.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Shofi Miftakhul Ningtyas
Date Deposited: 27 Oct 2021 11:51
Last Modified: 27 Oct 2021 11:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50797

Actions (login required)

View Item View Item