Pengujian kualitas sistem pada aplikasi mobile ArabEasy berdasarkan tingkat usability model PACMAD

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Bagaskara, Safitra Aditya (2021) Pengujian kualitas sistem pada aplikasi mobile ArabEasy berdasarkan tingkat usability model PACMAD. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Safitra Aditya Bagaskara_H76217047.pdf

Download (5MB)

Abstract

ArabEasy merupakan aplikasi untuk belajar bahasa Arab secara mandiri yang diawali dengan mendengarkan instruksi video kemudian memahami konsep dasar dalam pemahaman bahasa Arab. Namun, berdasarkan komentar dari pengguna masih terdapat user interface yang membingungkan. Sehingga perlu dilakukan pengujian dan pengukuran berdasarkan tingkat usability dengan menggunakan model People At the Center of Mobile Application Development (PACMAD) berdasarkan ketujuh aspeknya. Penelitian ini menggunakan teknik Performance Measurement, Kuesioner SUS, Kuesioner NASA-TLX, dan Kuesioner RTA dalam pengambilan data. Data tersebut diukur menggunakan usability metrics, uji statistik, dan rumus perhitungan dari kuesioner. Kemudian dilakukan rancangan rekomendasi perbaikan berupa prototype dengan aturan The 4 Golden Rules of User Interface Design untuk meningkatkan kualitas sistem aplikasi dari hasil sebelumnya dan dilakukan pengujian ulang. Hasil akhir usability metrics dan rumus perhitungan kuesioner diperoleh peningkatan pada aspek effectiveness dari 60,37% menjadi 97,59%, aspek efficiency dari 52,59% menjadi 98,67%, aspek learnbility dan aspek memorability tidak ada perubahan hasilnya sama-sama baik. Selain itu pada aspek errors mengalami penurunan dari 14,27% menjadi 0,87%, aspek satisfaction dari 58 menjadi 82,25, dan aspek cognitive load mengalami penurunan dari 61,67 menjadi 43,13. Selanjutnya, hasil akhir uji statistik dari pre-evaluation terdapat perbedaan yang signifikan antara Pelajar SMA dan Mahasiswa pada aspek efficiency, memorability, satisfaction, dan cognitive load. Sedangkan dari post-evaluation tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara Pelajar SMA dan Mahasiswa pada ketujuh aspek tersebut.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Bagaskara, Safitra Adityasafitraadityab@gmail.comH76217047
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorWibowo, Achmad Teguhatw@uinsby.ac.id2026108801
Thesis advisorIzzuddin, Muhammad Andikandik@uinsby.ac.id2007038402
Subjects: Teknologi > Teknologi Informasi
Keywords: Aplikasi ArabEasy; Usability Model PACMAD; The 4 Golden Rules of User Interface Design; Evaluasi Usability.
Divisions: Fakultas Sains dan Teknologi > Studi Sistem Informasi
Depositing User: Safitra Aditya Bagaskara
Date Deposited: 27 Oct 2021 11:15
Last Modified: 27 Oct 2021 11:15
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50793

Actions (login required)

View Item View Item