Konstruksi Sosial Upacara Wiwit Masyarakat Dusun Pejok Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Lestari, Rika Arum (2021) Konstruksi Sosial Upacara Wiwit Masyarakat Dusun Pejok Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rika Arum Lestari_I73216082.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini berawal dari ketertarikan peneliti terhadap tradisi upacara wiwit pada masyarakat petani Dusun Pejok yang masih dilestarikan hingga saat ini. Upacara wiwit merupakan suatu tradisi memulai memotong padi menjelang panen dengan berbagai ritual upacara dan hanya dilakukan oleh seseorang yang bermata pencaharian sebagai petani. Tradisi upacara wiwit masih ada dan dilakukan oleh masyarakat petani Dusun Pejok sampai sekarang karena melestarikan warisan budaya nenek moyang dan menjadi salah satu dusun di Desa Pejok yang masih melaksanakan upacara wiwit dengan tata cara pelaksanaan lengkap dengan berbagai pemaknaan. Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah: Pertama, bagaimana pelaksanaan upacara wiwit Masyarakat Dusun Pejok Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro. Kedua, bagaimana Masyarakat Dusun Pejok Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro mengkonstruksi upacara wiwit. Metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologi. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan dalam menganalisis data dari lapangan adalah Teori Konstruksi Sosial Peter L. Berger dan Thomas Luckmann. Dari hasil penelitian ini ditemukan bahwa: (1) Masyarakat petani Dusun Pejok melakukan tradisi upacara wiwit secara rutin dua kali dalam setiap tahun yaitu pada masa tanam pertama dan masa tanam kedua. Tahap pelaksanaannya adalah menentukan hari pelaksanaan berdasarkan perhitungan Jawa, perlengkapan sesaji, pelaksanaan ritual upacara wiwit dan slametan upacara wiwit. (2) Masyarakat petani Dusun Pejok dalam mengkonstruksi makna tradisi upacara wiwit bermacam-macam. Meskipun tradisi ini telah diakulturasikan dengan ajaran Islam dalam setiap ritualnya, namun hal ini tidak mengurangi nilai yang terkandung didalamnya dan tidak menghilangkan budaya aslinya. Sehingga tradisi upacara wiwit ini tetap dilaksanakan sampai sekarang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Lestari, Rika Arumlrikaarum@gmail.comI73216082
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRolis, Moh. Ilyasilyas.rolis@uinsby.ac.id2018047701
Subjects: Adat
Budaya
Keywords: Konstruksi Sosial dan Upacara Wiwit
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: rika lestari
Date Deposited: 27 Oct 2021 11:04
Last Modified: 27 Oct 2021 11:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50787

Actions (login required)

View Item View Item