Pendampingan komunitas jam’iyah ibu-ibu nelayan dalam pengembangan produksi hasil laut di Desa Kranji Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Romadloni, Paramitha Ayu (2021) Pendampingan komunitas jam’iyah ibu-ibu nelayan dalam pengembangan produksi hasil laut di Desa Kranji Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Paramitha Ayu Romadloni_B92217123.pdf

Download (2MB)

Abstract

Desa Kranji merupakan desa yang kaya akan aset laut dan. aset manusianya, dimana masyarakat memiliki kreatifitas dalam pengembangan produksi hasil laut menjadi aneka jajanan. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini ialah untuk meningkatkan kreatifitas masyarakat dengan cara mendampingi komunitas jam’iyah ibu-ibu nelayan dalam mengembangkan produksi hasil laut.Penelitian ini menggunakan metode ABCD (Assed Based Community Development) dengan melakukan beberapa tahap, mulai dari inkulturasi sampai ketahap Appreciative Inquiry 5-D, yaitu menemukenali aset dan potensi (Discovery), memimpikan masa depan (Dream), Merancang strategi (Design), menentukan aksi dan strategi yang telah dirancang (Define), dan melakukan aksi (Destiny). Proses pendampingan dilakukan kurang lebih dua bulan, mulai dari pembentukan kelompok, pelatihan pengembangan produksi hasil laut dengan cara diolah menjadi keripik ikan dan udang, serta kegiatan pemasaran hasil inovasi dari pengembangan produksi hasil laut. Adapun perubahan yang terjadi setelah proses pendampingan dilakukan yaitu rmunculnya kesadaran komunitas akan kreatifitas yang dimiliki untuk dimanfaatkan, dikembangkan, dan dijadikan peluang memulai usaha dan menambah perekonomian mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Romadloni, Paramitha Ayumithaayu1101@gmail.comB92217123
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pendampingan; Pengembangan Produksi Hasil Laut; Kreatifitas.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Paramitha Romadloni
Date Deposited: 26 Oct 2021 22:38
Last Modified: 26 Oct 2021 22:38
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50772

Actions (login required)

View Item View Item