Membangun komunitas wirausaha baru untuk penguatan ekonomi mandiri di RW 03 Kelurahan Rungkut Kidul Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Umniyyah, Nisaul (2021) Membangun komunitas wirausaha baru untuk penguatan ekonomi mandiri di RW 03 Kelurahan Rungkut Kidul Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nisaul Umniyyah_B02217022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ketidakberdayaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan ekonomi mandiri, dalam mengatasi masalah tersebut dengan membangun komunitas wirausaha untuk menumbuhkan keterampilan masyarakat dan menumbuhkan jiwa kewirausahaan dalam penguatan ekonomi mandiri. Masalah yang muncul dalam masyarakat yaitu ketidakberdayaan masyarakat dalam memenuhi kebutuhan ekonomi mandiri, rendahnya kesadaran masyarakat dalam berwirausaha, tingginya tingkat ketergantungan pada pihak industry pabrik dan belum adanya inisiatif masyarakat untuk hidup kreatif dan inovatif. Dengan menggunakan metode Participatory Action Riset (PAR) dalam penelitian ini, karena PAR termasuk cara untuk menganalisis kondisi yang berada di lapangan, hal tersebut tentunya memerlukan masyarakat dan stakeholder yang terkait. Sebuah proses penelitian ke dalam perubahan dapat dihubungkan melalui pendekatan penelitian PAR.Dalam penelitian ini menemukan beberapa strategi diantaranya dengan memberikan pendidikan atau pelatihan wirausaha, kemudian membentuk kelompok wirausaha. Perubahan yang telah sukses dicapai yaitu kesadaran muncul dalam masyarakat untuk memenuhi kebutuhan ekonomi secara mandiri. Banyak masyarakat yang aktif bergabung dalam kelompok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Umniyyah, Nisaulnisaulumniyyah584@gmail.comB02217022
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThayib, Thayibthayib@uinsby.ac.id2016117001
Subjects: Mandiri
Ekonomi
Wirausaha
Keywords: Membangun; Wirausaha; Penguatan Ekonomi Mandiri; Pelatihan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Nisaul Umniyyah
Date Deposited: 26 Oct 2021 22:51
Last Modified: 26 Oct 2021 22:51
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50771

Actions (login required)

View Item View Item