Penguatan ekonomi Ibu-ibu Aisyiyah melalui wirausaha produksi kerupuk rambak di Dusun Wedung Desa Sedayulawas Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anisati, Syafia Alfa (2021) Penguatan ekonomi Ibu-ibu Aisyiyah melalui wirausaha produksi kerupuk rambak di Dusun Wedung Desa Sedayulawas Kecamatan Brondong Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabya.

[img] Text
Syafia Alfa Anisati_B02217027.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dusun Wedung yang dijadikan sebagai lokasi penelitian merupakan dusun yang masyarakatnya memiliki banyak aset dan potensi. Dari sekian banyak aset yang paling mencolok adalah aset manusianya berupa keterampilan dalam membuat dan memproduksi suatu jajanan, kerupuk dan sebagianya. Dengan adanya aset tersebut masyarakat belum bisa memanfaatkanya secara maksimal. Padahal apabila masyarakat memanfaatkan aset tersebut bisa membantu untuk meningkatkan perekonomiaanya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menguatkan ekonomi melalui wirausaha produksi kerupuk rambak, pendampingan ini lebih dikhususkan pada ibu-ibu Aisyiyah yang memiliki keterampilan. Penelitian ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) dimana fokus pada aset yang dimiliki ibu-ibu. Langkah-langkah yang digunakan untuk mengenali aset masyarakat yaitu Appreciative Inquiry dengan tahap 5D : mengungkap masa lampau (Discovery), memimpikan masa depan (dream), merencanakan aksi untuk menuju perubahan (design), menentukan aksi (define), proses aksi perubahan(destiny). Strategi yang bisa dilakukan peneliti dalam memanfaatkan aset ibu-ibu yaitu kegiatan wirausaha produksi kerupuk rambak, dilanjutkan dengan membentuk kelompok usaha bersama dan pemasaran produk. Perubahan sosial yang terjadi setelah pendampingan ini yaitu pola pikir ibu-ibu lebih luas dalam memanfaatkan aset yang dimiliki dan peningkatan serta penguatan dalam aspek ekonomi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anisati, Syafia Alfaafi240199@gmail.comB02217027
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, Munir--2017035901
Subjects: Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Penguatan, Ekonomi, Wirausaha.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Syafia Alfa Anisati
Date Deposited: 27 Oct 2021 01:22
Last Modified: 27 Oct 2021 01:22
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50767

Actions (login required)

View Item View Item