Visualisasi pesan Akhlak Mahmudah dan Mazmumah dalam akun TikTok @syam_elmarusy: analisis semiotik charles sanders peirce

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putriani, Arum (2021) Visualisasi pesan Akhlak Mahmudah dan Mazmumah dalam akun TikTok @syam_elmarusy: analisis semiotik charles sanders peirce. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arum Putriani_B91217109.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang diteliti dalam penelitian ini adalah apa visualisasi pesan dakwah akhlak mahmudah dan mazmumah dalam akun TikTok @syam_elmarusy. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui visualisasi pesan akhlak mahmudah dan mazmumah dalam akun TikTok @syam_elmarusy. Untuk mendapatkan jawaban atas permasalahan tersebut penelitian ini menerapkan metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian teks media. Penelitian ini dikaji menggunakan analisis semiotik C. S. Peirce yang terkenal dengan teori segitiga makna atau triangle meaning yaitu tanda, objek dan interpretan. Dari hasil analisis, penelitian ini menunjukkan pesan dakwah akhlak mahmudah dan mazmumah yang divisualisasikan dalan tiga video TikTok @syam_elmarusy, diantaranya, yang pertama adalah pesan akhlak mazmumah yaitu larangan bersifat insecure; kedua, pesan akhlak mahmudah yaitu anjuran berbuat baik kepada orang tua; dan ketiga, adalah pesan akhlak mahmudah yaitu anjuran untuk berlapang dada. Pesan-pesan tersebut divisualisasikan dengan nasehat dan kisah, yang didukung dengan penyampaian ayat Al-Qur’an. Dalam tampilan videonya juga disertai dengan ilustrasi dan penambahan teks.Penelitian ini masih bisa dikembangkan lagi dengan mengeksplor akun dakwah lain, serta menganalisis efektivitas dakwah melalui aplikasi TikTok.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putriani, Arumarumputriani8@gmail.comB91217109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRazi, Fahrurfroziyas@yahoo.co.id2012066901
Subjects: Akhlak
Dakwah > Pesan Dakwah
Pesan Dakwah
Keywords: Pesan dakwah; TikTok; Semiotik charles sanders peirce.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Arum Putriani
Date Deposited: 26 Oct 2021 13:26
Last Modified: 26 Oct 2021 13:26
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50681

Actions (login required)

View Item View Item