Analisis hukum pidana islam dan hukum positif terhadap tindak pidana pencurian ringan: studi putusan nomor: 1/pid.c/2019/pn.dth

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ghaffar, Irsal (2021) Analisis hukum pidana islam dan hukum positif terhadap tindak pidana pencurian ringan: studi putusan nomor: 1/pid.c/2019/pn.dth. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Irsal Ghaffar_C03216019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian kepustakaan dengan metode kualitatif, dan pendekatan yuridis normatif. Data yang digunakan berasal dari Putusan Pengadilan Negeri Dataran Hunimoa Nomer 1/Pid.C/2019/Pn.Dth sebagai data primer dan data sekunder berupa peraturan perundang-undangan, pendapat ahli hukum, serta beberapa karya tulis yang berkenaan dengan tindak pidana pencurian ringan yang kemudian dianalisis mengunakan teknik analisis deskriptif dengan pola pikir deduktif.Berdasarkan analisis pertimbangan hakim, kasus pencurian yang berkaitan dengan putusan nomor: 1/Pid.C/2019/Pn.Dth hukuman yang dijatuhkan terhadap pelaku melebihi hukuman yang diatur dalam KUHP dan PERMA Nomer 02 Tahun 2012, yang mana putusan ini menjatuhkan hukuman dua bulan penjara padahal seharusnya hasil yang diputus menurut KUHP pasal 364 dan PERMA Nomer 02 tahun 2012 tidak boleh dijatuhi hukuman penjara dan cukup diganti dengan pidana denda. Hakim memperberat hukuman karena ditakutkan hukum akan dibuat permainan oleh pelaku tindak pidana, mengingat batasan nominal pada PERMA No 2 tahun 2012 cukup tinggi, sehingga kasus pencurian tersebut tidak dapat dipidana dan tidak menutup kemungkinan pelaku akan mengulangi lagi perbuatannya serta ditinjau dalam hukum pidana Islam pelaku tidak dapat dikenai hukuman potong tangan karena batasan nominal yang dicuri oleh pelaku tidak mencapai nisab yang sudah di tetapkan oleh jumhur ulama. Hukuman ta’zir diberikan karena salah satu syarat untuk dilaksakannya hukuman potong tangan adalah harta yang dicuri harus sampai nisabnya.Dengan kesimpulan diatas penulis mengharapkan penegak Hukum terutama Hakim hendaknya cermat dalam menjatuhkan putusan, guna terciptanya suatu hukuman yang adil dan mempunyai efek jera bagi pelaku kejahtan tindak pidana. Serta penulis berarap kepada masyarakat untuk lebih hati-hati dan tidak memberikan kesempatan kepada pelaku kejahatan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ghaffar, Irsalirsalbilly81@gmail.comC03216019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHatta, Moh.Hatta_marina@yahoo.com2026107104
Subjects: Hukum Islam
Hukum > Hukum Pidana
Hukum Islam > Pencurian
Keywords: Pencurian; Pasal 364 KUHP; pencurian ringan; Hukum pidana.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Pidana Islam
Depositing User: Irsal Ghaffar
Date Deposited: 19 Oct 2021 14:01
Last Modified: 19 Oct 2021 14:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50672

Actions (login required)

View Item View Item