Pendampingan ibu-ibu PKK dalam mengembangkan keunggulan produksi pisang i Dusun Petiyin Desa Takerharjo Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Qoiyimah, Asmaul (2021) Pendampingan ibu-ibu PKK dalam mengembangkan keunggulan produksi pisang i Dusun Petiyin Desa Takerharjo Kecamatan Solokuro Kabupaten Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Asmaul Qoiyimah_B02217003.pdf

Download (4MB)

Abstract

Masyarakat sekitar masih kurang maksimal dalam memanfaatkan suatu aset yang ada. Aset pohon pisang tidak hanya buah nya saja yang dapat di manfaatkan akan tetapi semua yang ada di pohon pisang bisa di manfaatkan menjadi suatu inovasi yang memiliki nilai jual baik, sehingga yang diharapakan mereka bisa memanfaatkan sebagai suatu produk yang bisa menambah pengahsilan dan meningkatkan ekonomi masyarakat.Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode Abcd (Asset Basset Community Devolepment) dimana pada penelitian ini menggunakan berbasis asset. Metode ABCD memiliki 5 tahapan yaitu Discovery, Dream, Design, Define, Destiny. Berawal dari cerita sukses kemudian masyarakat membangun mimpi serta harapan setelah itu merancang untuk kedepannya. Dan kemudian mewujudkan suatu mimpi, setelah mimpi dan harapan terwujud mereka melakukan tahap monitoring dan evaluasi apa saja kelebihan serta kekurangan dari suatu keinginan mereka agar dapat bertahan lama dan lebih baik lagi.Hasil dari pendampingan yang telah dilakukan pendamping di lapangan yaitu dengan memanfaatkan suatu aset pohon pisang mulai dari buah dijadikan sebuah olahan kripik pisang, kulit pisang dijadikan sebagai olahan krupuk kulit pisang, jantung pisang dijadikan olahan jantung pisang crispy, sedangkan untuk pelepah Pisang dijadikan kotak tisu. Dengan adanya suatu inovasi olahan tersebut dapat membantu menambah penghasilan masyarakat. Diharapkan pendampingan selama ini dilakukan juga dapat menjadikan kelompok ibu-ibu Pkk bisa mandiri dalam mengembangkan suatu usaha.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Qoiyimah, Asmaulainul6856@gmail.comB02217003
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Wirausaha
Keywords: Pendampingan Masyarakat; Menambah Ekonomi; Pengolahan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: asmaul qoiyimah
Date Deposited: 20 Oct 2021 02:23
Last Modified: 20 Oct 2021 02:23
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50619

Actions (login required)

View Item View Item