Penguatan ekonomi kelompok ibu ibu pemberdayaan kesejahteraan keluarga melalui inovasi pengolahan ikan hasil laut di Dusun Krajan Desa Kaliuntu Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitriadilla, Virda Ainur (2021) Penguatan ekonomi kelompok ibu ibu pemberdayaan kesejahteraan keluarga melalui inovasi pengolahan ikan hasil laut di Dusun Krajan Desa Kaliuntu Kecamatan Jenu Kabupaten Tuban. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Virda Ainur Fitriadilla_B92213170.pdf

Download (2MB)

Abstract

Pendampingan ini membahas tentang penguatan ekonomi oleh kelompok ibu-ibu PKK di Dusun Krajan. Pemberdayaan dilakukan melalui pemanfaatan asset ikan hasil tangkapan nelayan yang dimiliki oleh Dusun Krajan. Masyarakat belum banyak menggunakan inovasi kekinian untuk mengolahan ikan menjadi makanan yang banyak diminati dipasaran. Maka pendampingan dengan tujuan melakukan perubahan masyraakat ini dengan memanfaatkan asset ikan hasil laut. Strategi yang dilakukan dalam melakukan perubahan yakni dengan mengolah ikan hasil laut menjadi olahan nugget ikan dan dipasarkan secara online. Dengan menggunakan metode Asset Based Community Development (ABCD), pemberdayaan masyarakat dilakukan dengan memanfaatkan asset yang ada. Serta potensi yang dimiliki oleh masyrakat itu sendiri. Pemberdayaan dengan ABCD dilakukan dengan 5 tahap yakni : discovery, dream, design, define dan destiny. Maysarakat sangat antusias dan semangat dalam melakukan pengolahan nugget ikan. Pemasaran dilakukan dimedia social dengan tujuan agar lebih banyak jangkauan dalam pemasaran. Dengan adanya pengolahan masyarakat memiliki jiwa kewirausahaan yang berguna dalam meningkatkan perkonomian mereka. Setelah dilakukannya pengolahan, pemasukan maysrakat sedikit demi sedikit bertambah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitriadilla, Virda AinurVirdaainur2@gmail.comB92213170
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, Munir--2017035901
Subjects: Keluarga
Pemberdayaan
Pemberdayaan > Pemberdayaan Perempuan
Keywords: Pengembangan Ekonomi; Ikan Hasil Laut; Pengolahan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Virda Ainur Fitriadilla
Date Deposited: 15 Oct 2021 01:09
Last Modified: 15 Oct 2021 01:09
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50617

Actions (login required)

View Item View Item