KOMUNIKASI INTERNAL PIMPINAN CABANG NASYIATUL AISYIYAH TANGGULANGIN PERIODE 2010-2014

Lailiyah, Hikmah Rofidah (2014) KOMUNIKASI INTERNAL PIMPINAN CABANG NASYIATUL AISYIYAH TANGGULANGIN PERIODE 2010-2014. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
cover.pdf

Download (869kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (86kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar isi.pdf

Download (96kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (304kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (249kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (336kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (214kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (93kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar pustaka.pdf

Download (161kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh proses komunikasi internal dalam Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah Tanggulangin berjalan kurang baik. Upaya penyebaran informasi yang dilakukan berjalan kurang efektif sehingga jumlah partisipan organisasi tidak sesuai dengan jumlah yang diberi informasi. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses komunikasi internal yang dilakukan oleh Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah Tanggulangin dan hambatan yang dialami dalam melakukan komunikasi internal tersebut.
Untuk mengungkap persoalan tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan riset evaluatif dengan pendekatan kualitatif yang berguna untuk mengevaluasi proses komunikasi internal yang dilakukan Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah Tanggulangin selama ini. Sehingga dapat diketahui hambatan-hambatan yang ada dalam proses komunikasi tersebut. Terkait dengan teknik pengumpulan data di lapangan, peneliti menggunakan teknik kuesioner ckeck list dan wawancara mendalam.Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan teknik analisis dari Mathew A. Miles dan A. Michael Huberman guna menjawab fokus penelitian.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa proses komunikasi internal yang dilakukan oleh Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah belum menghasilkan efek yang diharapakan. Hal ini dapat dilihat dari kurangnya minat anggota dan pimpinan untuk mengikuti kegiatan organisasi. Pelaksanaan komunikasi yang kurang baik ini disebabkan karena munculnya hambatan-hambatan dalam proses komunikasi tersebut. Hambatan-hambatan yang ada meliputi: (1) program kerja yang kurang menarik, (2) pemilihan media penyebaran informasi yang tdak efektif, (3) adanya ketidakmerataan informasi dalam Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah Tanggulangin, (4) adanya kemacetan informasi, dan (5) kurangnya kedekatan hubungan baik diantara pimpinan maupun antara pimpinan dan anggota.
Bertitik tolak dari penelitian ini, beberapa saran yang dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi pengurangan hambatan dalam proses komunikasi internal yang dilakukan oleh Pimpinan Cabang Nasyiatul Aisyiyah Tanggulangin guna mencapai efek komunikasi yang diharapkan. Selain itu beberapa saran yang bisa menjadi acuan bagi penelitian selanjutnya.

Email:
Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Yoyon Mudjiono
Uncontrolled Keywords: Komunikasi Internal; Hambatan; Informasi
Subjects: Dakwah > Dakwah, Komunikasi
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 09 Feb 2015 08:52
Last Modified: 09 Feb 2015 08:52
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/506

Actions (login required)

View Item View Item