Implementasi manajemen program dalam meningkatkan pemberdayaan Masjid Agung As-Syuhada Pamekasan di Masa Pandemi Covid-19.

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khairuddin, Khairuddin (2021) Implementasi manajemen program dalam meningkatkan pemberdayaan Masjid Agung As-Syuhada Pamekasan di Masa Pandemi Covid-19. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Khairuddin_B04217019.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana Implementasi Manajemen Program dalam Meningkatkan Pemberdayaan Masjid Agung As-Syuhada Pamekasan di Masa Pandemi Covid-19 mulai dari perencanaa, pengorganisasia, pengarahan, dan pengawasan. Untuk mengetahui jawaban dari permasalahan tersebut, peneliti menggunakan metode penelitian studi kasus. Studi kasus merupakan penelitian di mana peneliti menggali suatu kasus dalam suatu waktu dan kegiatan serta mengumpulkan informasi secara terinci dan mendalam dengan menggunakan berbagai prosedur pengumpulan data selama periode tertentu. Data-data digali secara mendalam dengan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Penelitian ini memberikan hasil sebagai berikut. Pertama, manajemen program di masjid Agung As-Syuhada Pamekasan di masa pandemi Covid-19 berjalan dengan baik mulai dari perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan. Dalam perencanaan, pengurus masjid membuat program dan anggarannya. pengurus takmir juga membuat beberapa perencanaan program yang memang dikhususkan untuk menghadapi meningkatnya penyebaran Covid-19 terhadap jamaah. Dalam pengorganisaian, pimpinan membagi tugas kepada setiap pengurus dengan membentuk bidang-bidang tertentu. ketua tersebut memiliki tugas untuk membimbing dan memotivasi bidang yang menjadi tanggung jawabnya. Dalam pengawasan, pengurus takmir masjid Agung-Syuhada Pamekasan selalu melakukan evaluasi terhadap program setiap bidang. Kedua, Dalam pemberdayaan masjid di masa pandemi Covid-19, pengurus masjid membuat beberapa program khusus diantanya adalah bantuan kepada jamaah dan masyarakat umum, melakukan sosialisasi tentang informasi, pencegahan dan penanganan Covid-19, dan penambahan fasilitas masjid untuk pencegahan Covid-19. Saran dari penulis dari penelitian ini adalah pengurus takmir masjid Agung Asy-Syuhada Pamekasan harus lebih maksimal dalam memanfaatkan penggunaan media sosial. Sehingga dakwah syiar Islam termasuk sosialisasi tentang Covid-19 ini melalui mimbar dan kajian ilmiah dapat dinikmati oleh jamaah yang ada di masjid dan masyarakat umum kapanpun dan dimanapun.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khairuddin, KhairuddinKhairuddin97a@gmail.comB04217019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbdurrahman, Mufti Labibmuftilabib@gmail.com2002016401
Subjects: Manajemen
Manajemen Dakwah
Masjid
Keywords: Manajemen; Program Kerja; Pemberdayaan.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Khairuddin Khairuddin
Date Deposited: 10 Oct 2021 02:31
Last Modified: 10 Oct 2021 02:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50594

Actions (login required)

View Item View Item