Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Devision (STAD) berbasis media pembelajaran komik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran SKI di kelas V MI Miftahul Islamiyah Maindu Montong Tuban

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nasrudin, M. Wahid (2021) Efektivitas model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Devision (STAD) berbasis media pembelajaran komik dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada mata pelajaran SKI di kelas V MI Miftahul Islamiyah Maindu Montong Tuban. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
M. Wahid Nasrudin_F52318109.pdf

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran konvensional terkesan membosankan bagi peserta didik terlebih pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam, hal ini menjadikan kemampuan berpikir kritis siswa kurang berkembang. Sehingga tujuan penelitian ini untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan mengimplementasikan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievment Devision (STAD) dengan media pembelajaran berbasis komik untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Penelitian ini menggunakan metodologi pendekatan Research and Development (R&D) terdiri dari sepuluh tahap yang disederhanakan menjadi empat tahap yaitu; mengamati potensi masalah dan pengumpulan data, perencanaan, desain produk serta pengembangan produk, dan validasi serta uji coba. Uji coba dilakukan pada 35 siswa yang terdiri dari dua kelas V di MI Miftahul Islamiyah Tuban. Data yang diperoleh selama penelitian berupa hasil pre-test dan post-test siswa, data ini yang menjadi acuan hasil peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa. Kemudian hasil wawancancara dengan guru dan siswa, observasi untuk mendapat potensi dan masalah, field notes berisi mengenai catatan sikap, pristiwa secara spontan siswa, dan dokumentasi digunakan untuk mengabadikan dan bukti kegiatan. Hasil penelitian ini menunjukan kevalidan penggunaan media pembelajaran visual berbasis komik yang diperoleh total validitas memiliki prosentase 77,7% untuk materi dan 82,5% untuk media, maka media komik termasuk valid untuk digunakan. Kepraktisan penggunaan media komik ditunjukkan dengan hasil angket siswa yang menunjukan prosentase 75,14%, yang artinya media komik praktis digunakan. Dan untuk keefektifan penggunaan media pembelajaran visual berbasis komik dapat dilihat dari hasil ketuntasan belajar siswa kelas eksperimen secara klasikal dengan prosentase 88,89%. Selain itu dengan analisis statistik t-test berkorelasi (related). Harga ttabel = -1,69 maka thitung jatuh pada daerah penerimaan Ha, dapat dinyatakan bahwa model pembelajaran kelas eksperimen lebih baik dibanding dengan kelas kontrol. Berdasarkan perhitungan thitung = -4,84 jatuh pada penerimaan Ha atau penolakan Ho. Maka dapat ditarik kesimpulan penggunaan media pembelajaran visual berbasis komik dengan model pembelajaran STAD lebih efektif meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dibanding dengan kelas tanpa perlakuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nasrudin, M. Wahidwahidnd02@gmail.comF52318109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAsrohah, Hanunasrohah@yahoo.com2010046801
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com2007017001
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: STAD; Komik; Media.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdul Wahid------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 06 Oct 2021 06:46
Last Modified: 06 Oct 2021 06:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50575

Actions (login required)

View Item View Item