Implementasi manajemen pemasaran dalam penerimaan peserta didik baru di Sekolah Dasar Al Falah Assalam Tropodo Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nogoro, Satrio Ekasukti Panji (2020) Implementasi manajemen pemasaran dalam penerimaan peserta didik baru di Sekolah Dasar Al Falah Assalam Tropodo Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Satrio Ekasukti Panji Nogoro_D03215031.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan manajemen pemasaran dalam penerimaan peserta didik baru. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Dalam proses pencarian data, Peneliti menggunakan metode observasi, wawancara mendalam terhadap subyek penelitian, dan dokumentasi. Dalam analisis dan intepretasi data, Peneliti menggunakan reduksi, penyajian, dan verifikasi data. Sedangkan dalam uji keabsahan data Peneliti menggunakan triangulasi berupa triangulasi sumber dan teknik.Manajemen pemasaran yang dilakukan oleh SD Al Falah Assalam Tropodo mencakup beberapa hal yaitu dari proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan sampai dengan evaluasi. Terlepas dari semua itu, konsep inti pemasaran sangat diperhatikan: kebutuhan, keinginan, permintaan, produk, transaksi dan pertukaran. Untuk pemasarannya melalui silaturrahim ke rumah warga, menyebarkan brosur, pamflet, memasang baliho di lokasi strategis. Serta telah membangung profil media website, sosial media yang dimiliki. Kepuasan pelanggan adalah hal yang diutamakan diantaranya memberikan fasilitas belajar yang nyama dan menyenangkan. SD Al Falah Assalam Tropodo Sidoarjo telah mengimplementasikan manajemen pemasaran dalam penerimaan peserta didik baru, melalui marketing mix (bauran pasar) yang ada beberapa tahapan yaitu mulai dari analisis perencanaan yang sangat memperhatikan (produk/jasa, harga, tempat dan promosi). Kemudian perencanaan pemasaran yang berfungsi untuk mengetahui tantangan, peluang, tujuan dan anggaran yang dibutuhkan. Yang paling penting ialah pengendalian pemasaran karena dari sini nantinya mengetahui hal apa saja yang menjadi hambatan, lalu juga berfungsi untuk mengukur, mengevaluasi, melakukan tindakan perbaikan dan menetapkan tujuan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nogoro, Satrio Ekasukti Panjiekasukti.panji@gmail.comD03215031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMa’arif, SamsulSamsul_jombang@yahoo.com2007046401
Thesis advisorHuda, Muhammad Nurilnuril.huda@uinsby.ac.id2027068001
Subjects: Manajemen Pendidikan
Pemasaran
Manajemen dan organisasi sekolah
Keywords: Implementasi; Manajemen Pemasaran; Penerimaan.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Satrio Ekasukti Panji Nogoro
Date Deposited: 06 Oct 2021 04:11
Last Modified: 06 Oct 2021 04:11
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50567

Actions (login required)

View Item View Item