Pengembangan masyarakat urban melalui Kelompok Usaha Kreatif menuju Kampung Mandiri di Kelurahan Menteng RT 05 RW XII Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hasanah, Noor (2021) Pengembangan masyarakat urban melalui Kelompok Usaha Kreatif menuju Kampung Mandiri di Kelurahan Menteng RT 05 RW XII Kecamatan Jekan Raya Kota Palangka Raya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Noor Hasanah_B52217043.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kelompok usaha memiliki potensi dalam bidang kreativitas. Mereka adalah sekelompok masyarakat urban yang tergabung dalam suatu keminatan sama dan sepakat membentuk usaha dengan konsep pengembangan kreativitas di Kampung Menteng tepatnya di lingkungan RT 05/RW XII dan sekitarnya. Upaya yang sudah dilakukan kelompok adalah melakukan ricycle ban bekas menjadi barang yang berguna, contohnya membuat pot bunga. Kemudian membuat taman lingkungan dan menginspirasi lembaga pemerintah melakukan tata ruang membuat Taman Menteng dari ricycle ban bekas. Akhirnya dari berbagai upaya yang telah dilakukan, kelompok memahami mereka memiliki potensi dalam bidang usaha untuk pengembangan kelompoknya. Tujuan dari Penelitian adalah untuk menemukan strategi dalam mengembangkan Kelompok Usaha Kreatif. Selanjutnya, Menggerakkan masyarakat untuk bergabung bersama dalam kelompok usaha kreatif dalam mengelola usaha dan lingkungannya bekerja sama dengan stakeholder (Perangkat RT). Strategi yang dilakukan adalah manganalisis aset pentagonal dan menentukan keunggulan aset dengan Teknik Orid, kemudian digambarkan pada tabel analisis strategi program (terkait potensi, harapan, dan program). Ringkasan program yang disepakati adalah memperkuat manajemen kelompok dan mendesain usaha kembangan untuk dilakukan pembangunan infrastruktur sebelum usaha direalisasikan. Metode Penelitian yang digunakan dengan Pendekatan Asset Based Community-Driven Development (ABCD), yaitu pengembangan masyarakat yang dilakukan berdasarkan Aset yang dimiliki. Aset yang dimiliki dan dimanfaatkan kelompok adalah aset manusia, sosial dan lingkungan. Proses pengembangan masyarakat dilakukan dengan partisipasi yang mandiri (self-Mobilization). Perubahan program dapat dianalisa dengan melihat perkembangan manajemen kelompoknya yang lebih terstruktur dan merealisasikan pembangunan rencana usaha kembangan. Sehingga jika usaha mulai beroperasional, kedepannya dapat berdampak pada penguatan ekonomi, sosial dan lingkungan masyarakat. Terdapat pihak yang mengelola kebersihan lingkungan merupakan penerapan dakwah terkait budaya hidup bersih, sesuai dengan firman pada surah Al-Baqarah ayat 222, yang maknanya Allah mencintai orang-orang yang menjaga kebersihan. Kelompok usaha kreatif sebagai bagian dari masyarakat yang mengemban fungsi dalam menjalankan visi-misinya terkait tahapan menuju penguatan ekonomi dan menjaga lingkungan, sejalan dengan konsep dakwah bil-hal yang sudah menerapkan manajemen organisasi yang harus memiliki tujuan mulia sesuai pandangan islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hasanah, Noorhasanah.ninoor@gmail.comB52217043
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries Dyahrisdyah@gmail.com197804192008012014
Subjects: Dakwah
Keterampilan
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Kelompok Usaha; Kreativita;Aset; lingkungan; Pengembangan masyarakat; Self-Mobilization.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Noor Hasanah
Date Deposited: 04 Oct 2021 01:10
Last Modified: 04 Oct 2021 01:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50527

Actions (login required)

View Item View Item