Penguatan ekonomi masyarakat melalui pengolahan belimbing wuluh di Desa Berbek Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jariyah, Ainun (2021) Penguatan ekonomi masyarakat melalui pengolahan belimbing wuluh di Desa Berbek Kecamatan Waru Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ainun Jariyah_B92216097.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang strategi untuk menguatkan perekonomian masyarakat melalui aset-asetyang ada di desa berbek. Aset desa yang mereka miliki berupa tanaman belimbing wuluh dengan buahnya yang sangat melimpah. Masyarakat desa berbek juga emiliki potensi atau keterampilan dalam mebuat olahan makanan namun aset tersebut belum dimanfaatkan dengan baik. Fokus dampingan yang dilaksanakan peneliti menguatkan perekonomian komunitas ibu-ibu di Desa Berbek. Oleh karena itu, peneliti memilih melakukan penelitian ini dengan judul Penguatan Ekonomi Masyarakat Melalui Pengolahan Belimbing Wuluh Di Desa Berbek Kecamatan Waru kabupaten Sidoarjo, untuk meningkatkan keterampilan warga desa tetapi juga untuk menguatkan perekonomian komunitas ibu-ibu. Tujuan dari penelitian ini adalah agar masyarakat desa berbek bisa mengelolah aset yang mereka miliki untuk bisa menguatkan perekonomian mereka melalui olahan produk yang dibuatnya. Penelitian ini difokuskan kelompok ibu-ibu muda. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan FGD (Focus Group Discussion). Penelitian ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Bussed Community Development) yang telah dilakukan selama 2 bulan setengah. Mulai dari proses awal sampai pada perubahan yang telah dilakukan melali tahapan analisisTrend And Change dan Leaky Bucket. Hasil penelitian ini menunjukkan (1) Strategi pemberdayaan yang dilakukan oleh kelompok ibu-ibu, (2) pelatihan melakukan pengelolahn belimbing wuluh menjadi minuman sirup berkhasiat hingga proses pemasaran dengan bermitra dengan toko kelontong.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jariyah, Ainunmatairmengalir@gmail.comB92216097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMansyur, M. Munir--195903171994031001
Subjects: Ekonomi
Wirausaha
Keywords: Pemberdayaan Masyarakat; Pengelolahan; Menguatkan Perekonomian.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ainun Jariyah
Date Deposited: 14 Oct 2021 03:31
Last Modified: 14 Oct 2021 03:31
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50517

Actions (login required)

View Item View Item