Membangun kemandirian ekonomi keluarga melalui pengelolaan pelepah batang pisang di Dusun Pucung Desa Sidomukti Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farihiyyah, Farihiyyah (2021) Membangun kemandirian ekonomi keluarga melalui pengelolaan pelepah batang pisang di Dusun Pucung Desa Sidomukti Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Farihiyyah_B52217036.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas terkait membangun kemandirian ekonomi masyarakat melalui pengelolaan aset berupa pelepah batang pisang di Dusun Pucung Desa Sidomukti Kecamatan Bungah Kabupaten Gresik. Strategi yang dilakukan untuk mencapai perubahan yang diharapkan yaitu dimulai dengan melakukan diskusi bersama masyarakat, melakukan edukasi, pelatihan dalam pengelolaan pelepah batang pisang, pembentukan kelompok usaha bersama, adanya mitra jaringan usaha, dan adanya advokasi kebijakan dari pemerintah desa. Penelitian ini menggunakan metode ABCD yang mengutamakan aset atau potensi yang dimiliki masyarakat. Kegiatan pendampingan ini diwujudkan melalui tahapan 5-D yaitu Discovery, Dream, Design, Define, dan Destiny. Pendampingan ini diikuti oleh ibu-ibu kelompok arisan Dusun Pucung. Peneliti melakukan pendampingan melalui pengelolaan aset pohon pisang berupa bagian pelepah batang pisang yang ada di Dusun Pucung. Sikap antusias dan saling gotong royong dari Ibu-ibu dapat dilihat mulai dari proses pendekatan sampai proses evaluasi program. Perubahan yang terjadi setelah adanya pendampingan adalah adanya pendidikan dan pelatihan, terbentuknya kelompok wirausaha bersama, masyarakat memiliki mitra jaringan usaha, terbentuknya draf pengajuan legalitas kelompok usaha, dan masyarakat sudah dapat menambah pendapatan ekonomi keluarga.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farihiyyah, Farihiyyahfarihiyyahria31@gmail.comB52217036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusrianingsih@yahoo.com2018057601
Subjects: Dakwah > Dakwah, Masyarakat
Pemberdayaan
Wirausaha
Keywords: Pemberdayaan; Kelompok Arisan; Kemandirian Ekonomi; Pelepah Batang Pisang.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Farihiyyah Farihiyyah
Date Deposited: 30 Sep 2021 11:10
Last Modified: 30 Sep 2021 11:10
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50513

Actions (login required)

View Item View Item