Whirling Dervish dan Tazkiyatun Nafs pada komunitas Kedai El Rumi Sukolilo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fithroti, Hanik Shobahatul (2021) Whirling Dervish dan Tazkiyatun Nafs pada komunitas Kedai El Rumi Sukolilo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hanik Shobahatul Fithroti_E07217013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tarian Whirling Dervish atau tarian yang berputar-putar dianggap memiliki penuh makna karena sebgai bagian dari meditasi diri. Karena bagian dari meditasi para penari sufi bisa berputar-putar dalam waktu lama dengan konsentrasi tinggi, sehingga tidak merasa pusing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dua persoalan, yaitu: makna dari Whirling Dervish dan Bagaimana Whirling Dervish menjadi media Tazkiyatun Nafs di komunitas kedai El Rumi Sukolilo Surabaya. Jenis Penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Metode ini menjadi langkah awal bagi penyusun untuk melihat, mengamati serta menyelidiki makna-makna dan kegiatan dari Whirling dervihs dan Tazkiyatun nafs di kedai El Rumi, setelah itu penyusun melakukan wawancara dengan ketua komunitas kedai El Rumi maupun 4 anggota yang terlibat langsung dalam komunitas tersebut. Kemudian data sekunder meliputi data-data pendukung yang berkaitan dengan pokok masalah yang diambil dari buku, ensiklopedia, majalah, jurnal, maupun berita di beberapa media sosial. Hasil penelitian menemukan bahwa Tarian sufi atau Whirling Dervihs bisa dikatakan Tazkiyatun nafs karena Whirling dervish yang ada di Kedai El Rumi dimaknai seni yang menyimpan energi spiritual, tidak seperti tari seni-seni lainnya. Tarian Whirling dervish mengandalkan rasa dalam artian ini adalah para penari yang menjadi pemenang jiwa, pemangkas nafsu, karena pelaku tari yang dipraktekkan dengan sungguh-sungguh akan menghasilkan ketenangan dalam jiwa. Di Kedai El Rumi tarian sufi atau Whirling Dervish dilakukan salah satu tujuannya sebagai sarana dalam Tazkiyatun nafs dalam berupaya untuk mendekatkan diri kepada Allah. Dalam proses pendekatan kepada Allah, para penari akan melewati tahapan-tahapan spritualitas dalam menari. Tahapan-tahapan tersebut yaitu tawajud, wajd dan wujud.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fithroti, Hanik Shobahatulhanikshobahatulf1518@gmail.comE07217013
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@yahoo.co.id2013086001
Subjects: Islam dan Ilmu Pengetahuan
Kebudayaan
Keywords: Whirling darvish; Kedai El Rumi; Tazkiyatun nafs.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Hanik Shobahatul Fithroti
Date Deposited: 30 Sep 2021 13:02
Last Modified: 30 Sep 2021 13:02
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50487

Actions (login required)

View Item View Item