Pendampingan komunitas peternak melalui budidaya gurami organik dalam upaya meningkatkan ekonomi di Dusun Pasinan Desa Jabon Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naufal, Muhammad (2021) Pendampingan komunitas peternak melalui budidaya gurami organik dalam upaya meningkatkan ekonomi di Dusun Pasinan Desa Jabon Kecamatan Mojoanyar Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Naufal_B72214037.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pendampingan ini peneliti memakai metode penelitian Asset Based Community Development (ABCD). Fokus pendampingan ini adalah pengembangan aset peternak ikan gurame oleh petani gurame di Dusun Pasinan. Tempat yang dirancang untuk menciptakan kemandirian ekonomi bagi petani gurame. Mereka juga dapat membuat perubahan yang berbeda untuk kebaikan bersama. Saat diajak berdiskusi tentang perihal yang positif, seperti keterampilan yang dimiliki, mereka sangat antusias dengan bantuan para pembudidaya ikan. Sembari mengeksplorasi keberhasilan membangun mimpi di masa lalu, mereka berharap dapat mewujudkan cita-cita bersama. Kembangkan rencana tindakan perubahan untuk mewujudkan impian yang ingin di capai bersama. Upaya pengembangan aset dan potensi petani gurame merupakan bentuk kelompok bantuan mandiri, dengan tujuan kegiatan tersebut sebagai sumber pendapatan bagi petani gurami untuk memenuhi kebutuhan keluarga dan menambah penghasilan suami. Dengan memanfaatkan hasil budidaya gurami dan kemampuan pembudidaya ikan gurami mengolah ikan olahan menjadi krupuk ikan gurame di dusun Pasinan, untuk mengurangi keterkaitan peternak ikan gurame dari hasil pendapatan mereka menjual ikan hasil budidaya ke tenkulak ikan. Adanya kekayaan alam yang salah satunya adalah tambak ikan.Selain memberikan penghasilan bagi para pembudidaya gurami, para pembudidaya ikan (para istri pembudidaya ikan) juga dapat menjual gurami olahan menjadi gurami yang bernilai ekonomis. Makanan kerupuk ikan untuk mencari nafkah sendiri. Ini merupakan salah satu cara untuk memperoleh pendapatan dari pertumbuhan ekonomi petani gurame. Pemanfaatan aset alam berupa tambak ikan jelas merupakan pertumbuhan ekonomi bagi petani gurame dan masyarakat Dusun Pasinan. Hasilnya, masyarakat dapat meningkatkan perekonomian, menambah ilmu dan inovasi baru, dan bersikap positif terhadap apa yang dimilikinya sekarang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naufal, Muhammadmnaufal141096@gmail.comB72214037
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries DyahRiesdyah@uinsby.com197804192008012014
Subjects: Bahan Pustaka > Pelestarian
Pelestarian
Keywords: Komunitas peternak; Budidaya.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: muhammad naufal
Date Deposited: 29 Sep 2021 20:48
Last Modified: 29 Sep 2021 20:48
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50481

Actions (login required)

View Item View Item