Eksplorasi pemahaman fikih siswa pada pembelajaran daring berbasis media android

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fatimah, Fatimah (2021) Eksplorasi pemahaman fikih siswa pada pembelajaran daring berbasis media android. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fatimah_F52319308.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perpanjangan masa PPKM di era pandemic Covid19 tahun 2021, membuat pembelajaran daring semakin diperpanjang. Penting sekali bagi peneliti untuk melakukan pengamatan dan interpretasi terhadap kondisi proses belajar siswa sebagai sasaran utama penelitian. karena selama daring, siswa disibukkan dengan aktifitas menjawab berbagai macam latihan soal yang diberikan oleh guru. Perbedaan pengalaman siswa pada upaya memahami dan menjawab soal dapat dieksplorasi dari keberagaman jawaban mereka dalam memecahkan permasalahan fikih.Tujuan penelitian ini ingin memaparkan tingkat, karakteristik, pola , dan cara belajar siswa dalam memahami soal fikih pada pembelajaran daring berbasis media android Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif, dengan pendekatan kasus pembelajaran daring siswa dalam menjawab pertanyaan. Sumber data adalah 65 siswa MAN di Pasuruan dari 3 klasifikasi kelas. Data merupakan jawaban investigatif penelitian tentang prosedur menjawab siswa dari hasil deep interview. Instrumen data menyadur taksonomi berpikir kritis Facione dan berpikir kreatif Gilford. Pengumpulan data menggunakan metode penafsiran data mendalam menggunakan metode Socratic Hasil penelitian dari tingkat pemahaman siswa dalam menjawab soal fikih, jurusan MIPA terkategori tinggi dengan prosentase 19, 58%, IPS terkategori sedang dengan 18,29% dan jurusan bahasa terkategori rendah dengan 17,29%. Kedua, dari segi karakteristik, (1) kelas bahasa lemah pada teknis aplikasi, tetapi kuat di inferensif, dan elaboratif (2) siswa MIPA lemah di elaboratif, akan tetapi kuat di bidang teknis aplikasi dan berpikir analitis, (3) siswa jurusan IPS lemah di analitis, akan tetapi kuat di bidang evaluatif. Ketiga, dari segi pola yakni siswa MIPA, memiliki jawaban rasionalisasi yang lugas dan kuat. Siswa IPS memiliki rasional jawaban bervariasi, sedang siswa Bahasa rasionalisasi jawabannya sangat tipis. Keempat, dari beberapa cara belajar siswa dalam memahami soal fikih cenderung masih terbiasa mencari jawaban hanya dari internet, kurang memacu diri untuk berpengalaman pada teknis daring, kurang teliti dalam mengecek ulang jawaban dengan sumber-sumber jawaban lain, kurang teliti mengecek identitas sumber, keabsahan jawaban, bahkan sampai mencocokannya ke kitab rujukan cetak, siswa kurang memfilter berdasar mazhab yang dianut saat mencari informasi di internet dan sangat minim sekali kerja kelompok/diskusi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fatimah, Fatimahmafazayusuf@gmail.comF52319308
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saiful--2012126901
Thesis advisorSihabudin, Sihabudin--2020027701
Subjects: Fikih
Keywords: Berpikir Kritis; Berpikir Kreatif; Prosedur.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: fatimah fatimah
Date Deposited: 29 Sep 2021 09:56
Last Modified: 29 Sep 2021 09:56
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50475

Actions (login required)

View Item View Item