Pengorganisasian masyarakat dalam upaya mitigasi bencana covid-19 pada sektor ketahanan pangan di Desa Sengon Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fiyana, Bidiyah Siska (2021) Pengorganisasian masyarakat dalam upaya mitigasi bencana covid-19 pada sektor ketahanan pangan di Desa Sengon Kecamatan Prambanan Kabupaten Klaten. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Bidiyah Siska Fiyana_B92217055.pdf

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengorganisasian masyarakat dalam membangun ketahanan pangan yang disebabkan adanya wabah pandemi Covid-19, mengakibatkan sector ketahanan pangan menurun. Problem yang timbul pada masyarakat ialah rendahnya pengetahuan masyarakat untuk meningkatkan ketahanan pangan, belum ada dukungan masyarakat serta belum efektif kebijakan pemerintah desa dalam mendorong kemajuan pangan. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode (PAR) Participatory Action Research. Metode ini menekankan pada adanya partisipasi langsung dari masyarakat dimulai dengan melakukan inkultrasi, membangun kepercayaan, melakukan pendekatan ke masyarakat, melakukan riset bersama masyarakat untuk menemukan problem yang terjadi hingga menemukan strategi pemecahan masalah, melakukan aksi dan monitoring evaluasi bersama masyarakat. Pengorganisasian yang dilakukan peneliti bersama masyarakat dimulai dari adanya penyuluhan dan edukasi terkait ketahanan pangan dari Dinas Pertanian, Ketahanan Pangan Dan Perikanan Klaten serta aksi bersama masyarakat dalam meningkatkan ketahanan pangan. Perubahan yang telah tercapai melalui kegiatan ini masyarakat mulai memiliki kesadaran dalam peningkatkan ketahanan pangan, masyarakat juga menjadi lebih hemat dari segi pengeluaran belanja pangan. Sehingga dari capaian perubahan tersebut dapat meningkatkan ketahanan pangan masyarakat dalam kondisi pandemi Covid-19 ini.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fiyana, Bidiyah Siskabidisf14@gmail.comB92217055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThayib, Thayibsyarifthayib@gmail.com2016117001
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Manajemen Dakwah
Masyarakat
Keywords: Pengorganisasian; Ketahanan pangan; Mitigasi bencana.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: bidiyah fiyana
Date Deposited: 26 Sep 2021 11:12
Last Modified: 26 Sep 2021 11:12
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50447

Actions (login required)

View Item View Item