Hadis tentang memperbanyak keturunan: kajian living hadis riwayat Abu Dawud No Indeks 2050 di Dusun Batulabang Pamekasan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Farid, Ach (2021) Hadis tentang memperbanyak keturunan: kajian living hadis riwayat Abu Dawud No Indeks 2050 di Dusun Batulabang Pamekasan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ach Farid_E95217046.pdf

Download (4MB)

Abstract

Buah hati merupakan harapan terbesar yang didambakan oleh setiap pasangan/keluarga, karena ia akan menjadi penerus dan pewaris yang diharapkan memiliki masa depan yang lebih baik dari kehidupan keluarganya yang sudah-sudah, sebagaimana firman Allah SWT dalam Alquran surat An-Nisa ayat 9 bagaimana seorang keluarga berusaha untuk anak keturunannya menjadi seseorang yang terdidik, berilmu dan beramal shalih. Namun ajaran Islam tidak hanya mencukupkan pada keturunan yang baik saja, melainkan juga pada jumlah keturunannya. Hal ini terlihat dari salah satu sabda baginda Nabi Muhammad SAW yang diriwayatkan oleh suna>n Abu> Da>wud Nomor Indeks 2050 tentang anjuran memperbanyak anak. Adapun pembahasan pada hadis ini perlu untuk dibahas lebih mendalam agar seorang muslim mampu memaksimalkan dalam beragama. Karena pemahaman terkait jumlah keturunan, memiliki perbedaan dengan program KB (keluarga berencana) yang merupakan program yang diharuskan ditaati oleh penduduk Indonesia khusunya. Oleh karena itu, perlu beberapa rumusan masalah yang dapat menjadi solusi untuk mendapatkan hasil yang akademis dari hadis tersebut. Pertama, bagaimana praktek pernikahan masyarakat Dusun Batulabang Pamekasan. Kedua, Bagaimana pemahaman masyarakat Dusun Batulabang dalam memperbanyak keturunan. Ketiga, Bagaimana dasar masyarakat Dusun Batulabang dalam memperbanyak keturunan. Selanjutnya, jenis penelitian ini tergolong pada penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan library research yang dalam pengumpulan datanya melalui perpustakan yang bersumber dari jurnal, kamus, buku, majalah, buku Profil desa dan lain sebgainya. Adapaun kesimpulan yang diperoleh dari penelitian ini ialah, pertama, sebagaimana tujuan dari pernikahan, ialah untuk menjalani syariah islam. Namun terdapat tambahan dalam tujuannya, yakni sebagai sarana dalam memperbanyak keturunan. Kedua, dipahami bahwa anak yang banyak akan mempermudah dalam memperoleh rezki, juga sebagai wasilah menggapai ridha Allah. Karena juga dicontohkan oleh para ulama di daerah tersebut. Ketiga, Disandarkan pada Alquran, hadis Nabi riwayat imam Abu> Da>wud no indek 2050 dan juga pada uswah dari para tokoh di daerah setempat. Sehingga dengan ini, semoga penelitian ini bisa bermanfaat khususya bagi umat muslim dan juga dalam dunia pendidikan, sehingga dapat menjadi salah satu rujukan dan menjadi peluang berfikir bagi penelitian-penelitian selanjutnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Farid, Achachfarid1998@gmail.comE95217046
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIchwayudi, Budib.ichwayudi@uinsby.ac.id197604162005011004
Subjects: Hadis
Indeks
Keywords: Memperbanyak Anak; Sunan Abu Dawud; Hadis.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Hadis
Depositing User: Farid Ach
Date Deposited: 24 Sep 2021 09:29
Last Modified: 24 Sep 2021 09:29
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50445

Actions (login required)

View Item View Item