Pengorganisasian santri Pondok Pesantren Himmatun Ayat dalam upaya membangun ekonomi umat dengan pemanfaatan aset alam di Desa Sidomulyo Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Baharudin, Muhammad yusuf saaih (2021) Pengorganisasian santri Pondok Pesantren Himmatun Ayat dalam upaya membangun ekonomi umat dengan pemanfaatan aset alam di Desa Sidomulyo Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Yusuf Saaih Baharudin_B02217016.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai pengorganisasian Santri dan masyarakat untuk bersama-sama membangun ekonomi kreatif melalui wirausaha dalam upaya membangun ekonomi umat di Desa Sidomulyo Kecamatan Bangsal Kabupaten Mojokerto Jawa Timur. Masyarakat dan para santri bersama-sama telah berdiskusi dan menyepakati bersama untuk memilih aset alam yaitu Belimbing wuluh yang di olah menjadi suatu hal yang bermanfaat yang memiliki nilai jual. Alasan memilih Belimbing Wuluh sendiri karena merupakan salah satu aset alam yang sering dijumpai di kawasan desa Sidomulyo dan juga cara memeliharanya tidak memerlukan perawatan khusus. Pengorganisasian dalam upaya melakukan pemberdayaan ini menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yaitu pemberdayaan yang yang dilakukan dengan cara memanfaatkan aset yang ada di sekitar. Belimbing wuluh ini di olah menjadi sirup dan manisan Belimbing wuluh kering yang dikemas menggunakan botol almond untuk sirupnya sedangkan untuk manisan dikemas menggunakan plastik ber ukuran kecil. Setelah dikemas produk ini nantinya akan dipasarkan di toko-toko terdekat yang mau melakukan kemitraan. Proses kegiatan ini dilakukan oleh para santri yang bekerjasama dengan masyarakat memberikan sudut pandang baru mengenai pemanfaatan sebuah aset yang ada disekitar mereka sehingga perlahan-lahan mulai menyadari aset dan potensi yang ada disekitar mereka.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Baharudin, Muhammad yusuf saaihsaaihyusuf2199@gmail.comB02217016
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFitriyah, Ries dyahrisdyah@gmail.com197804192008012014
Subjects: Keterampilan
Pemberdayaan
Santri
Keywords: Belimbing Wuluh; Ekonomi Kreatif; Santri.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Muhammad Yusuf Saaih
Date Deposited: 24 Sep 2021 04:13
Last Modified: 24 Sep 2021 04:13
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50423

Actions (login required)

View Item View Item