Eksistensi Atlet Perempuan dalam Budaya Patriarki: studi pada atlet bulutangkis putri unit kegiatan olahraga Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Argadilla, Rya Chitra (2021) Eksistensi Atlet Perempuan dalam Budaya Patriarki: studi pada atlet bulutangkis putri unit kegiatan olahraga Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rya Chtra Argadilla_I73217072.pdf

Download (2MB)

Abstract

Permasalahan yang dikaji dalam penelitian ini adalah keberadaan atlet putri di dalam bulutangkis UKOR (Unit Kegiatan Olahraga) Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya yang muncul dengan berbagai prestasi, upaya mereka dalam mempertahankan prestasi di tengah mayoritasnya atlet laki-laki, serta kekuatan mereka untuk selalu mensejajarkan kedudukannya dengan atlet laki-laki agar tidak mudah diremehkan. Dari rumusan masalah tersebut terdapat sub bab pembahasan di dalamnya, antara lain pembahasan mengenai pandangan atlet putra terhadap atlet putri dan sebaliknya, pembahasan tentang relasi gender diantara keduanya serta cara atlet putri dalam mewujudkan kesetaraan gender. Oleh karena itu penelitian ini akan dikaji menggunakan metode kualitatif jenis data deskriptif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teori yang digunakan untuk menganalisa fenomena ini adalah teori feminisme liberal. Penemuan dalam penelitian ini adalah: (1) Atlet putri dalam kepengurusan UKOR (Unit Kegiatan Olahraga) ini sejajar dan mempunyai porsi yang sama dengan atlet putra. (2) Atlit putri mempunyai kesempatan yang sama dalam pengambilan keputusan dan menerima perlakuan yang sama saat berlatih maupun diskusi dengan atlet putra. (3) Toleransi diantara keduanya sangat baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Argadilla, Rya Chitraryacitra331@gmail.comI73217072
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorIzzah, Iva Yulianti Umdhatulivayulianti@uinsby.ac.id2018077602
Subjects: Budaya
Keywords: Eksistensi; Atlet Perempuan; Budaya Patriarki.
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Sosiologi
Depositing User: Rya Chitra Argadilla
Date Deposited: 22 Sep 2021 10:14
Last Modified: 22 Sep 2021 10:14
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50413

Actions (login required)

View Item View Item