Pendampingan komunitas Kampung Kue dalam pemanfaatan limbah produksi kue di Rungkut Lor Kelurahan Kalirungkut Kecamatan Rungkut Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fahmi, Ayu Nisya (2021) Pendampingan komunitas Kampung Kue dalam pemanfaatan limbah produksi kue di Rungkut Lor Kelurahan Kalirungkut Kecamatan Rungkut Kota Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ayu Nisya Fahmi_B02217004.pdf

Download (3MB)

Abstract

Skripsi ini membahas mengenai proses pendampingan yang dilakukan bersama komunitas Kampung Kue dengan pemanfaatan limbah produksi kue minyak jelantah di Rungkut Lor. Proses pendampingan ini bertujuan untuk meningkatkan kepedulian komunitas dalam melestarikan lingkungan dan kemandirian komunitas dalam mengelola limbah produksi kue melalui pelatihan mengolah limbah minyak jelantah menjadi sabun. Proses pendampingan ini diawali dengan mengidentifikasi aset dan potensi dengan menggunakan pendekatan ABCD (Asset Based Community Development) yang merupakan pendekatan dengan memanfaatkan aset dan potensi yang dimiliki komunitas dengan merubah pola pikir komunitas agar dapat memahami dan menyadari mengenai aset-aset yang mereka miliki. Pendampingan ini menggunakan pendekatan berbasis aset untuk melakukan sebuah perubahan yang lebih baik serta mewujudkan tujuan yang diimpikan oleh komunitas. Hasil aksi pendampingan yang dilakukan oleh peneliti bersama komunitas Kampung Kue yakni menjadikan komunitas mampu dalam memanfaatkan dan mengelola aset yang ada di sekitar mereka dengan baik. Adanya suatu perubahan terhadap pola pikir komunitas mengenai limbah yang dapat dimanfaatkan dengan baik dan benar, sehingga menjadikan komunitas mandiri dalam melakukan pengelolahan limbah produksi kue serta dapat menjadikan lingkungan lebih bersih dan sehat terbebas dari limbah produksi kue.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fahmi, Ayu Nisyaanisyafahmi09@gmail.comB02217004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMusthofa, Chabibchabib.musthofa@uinsby.ac.id2030067902
Subjects: Industri RumahTangga
Masyarakat
Pemberdayaan > Perempuan
Keywords: Pendampingan Komunitas; Pemanfaatan limbah produksi kue; minyak jelantah.
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Ayu Nisya Fahmi
Date Deposited: 19 Sep 2021 23:42
Last Modified: 19 Sep 2021 23:42
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50395

Actions (login required)

View Item View Item