Penguatan kapasitas masyarakat melalui upaya Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas (PRBBK) terhadap bencana banjir di Desa Kedung Banteng Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Pratiwi, Endah (2021) Penguatan kapasitas masyarakat melalui upaya Pengurangan Risiko Bencana Berbasis Komunitas (PRBBK) terhadap bencana banjir di Desa Kedung Banteng Kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Endah Pratiwi_B02217005.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian skripsi ini membahas tentang kerentanan masyarakat Desa Kedung Banteng yang dilanda bencana banjir serta upaya penguatan kapasitas masyarakat untuk membangun kesiapsiagaan dalam menghadapi ancaman bencana banjir. Tujuan dari penguatan kapasitas ini adalah sebagian langkah dalam upaya pengurangan risiko bencana. Kemudian membahas mengenai strategi yang tepat dalam upaya penguatan kapasitas masyarakat serta dampak perubahan yang dihasilkan dari upaya penguatan kapasitas tersebut. Penelitian skripsi ini menggunakan metode PAR (Participatory Action Research) yaitu dengan melibatkan peran aktif masyarakat selama proses penelitian ini berjalan. Mulai dari membangun kepercayaan dengan masyarakat, mengkaji permasalahan yang ada, menentukan strategi hingga pada tahap pelaksanaan program dan evaluasi. Strategi pengorganisasian yang digunakan dalam upaya penguatan kapasitas masyarakat ini adalah dengan melakukan diskusi bersama masyarakat terkait permasalahan banjir beserta solusi pemecahannya. Selanjutnya sebagai upaya membangun kesadaran dan peningkatan kapasitas masyarakat terdapat 2 tahapan yaitu penyelenggaraan pendidikan kebencanaan dan melakukan kampanye siap siaga bencana banjir. Kemudian dilanjutkan dengan pembentukan kelompok Pemuda Tangguh Bencana sebagai upaya menuju masyarakat yang tangguh dan siaga terhadap ancaman bencana yang terjadi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Pratiwi, Endahepratiwi960@gmail.comB02217005
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorNingsih, Yusriayusrianingsih@yahoo.com2018057601
Subjects: Bencana alam
Organisasi Masyarakat
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pengorganisasian; Penguatan Kapasitas; PRB (Pengurangan Risiko Bencana).
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Endah Pratiwi
Date Deposited: 19 Sep 2021 23:16
Last Modified: 19 Sep 2021 23:16
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50393

Actions (login required)

View Item View Item