Pengaruh persepsi risiko, kepercayaan, dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian saat pandemi covid-19 dengan kelompok referensi sebagai variabel moderasi: studi pada warung kopi di Kecamatan Turi Lamongan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Toyyibah, A'imatun Nasihatut (2021) Pengaruh persepsi risiko, kepercayaan, dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian saat pandemi covid-19 dengan kelompok referensi sebagai variabel moderasi: studi pada warung kopi di Kecamatan Turi Lamongan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
A'imatun Nasihatut Toyyibah_G03217004.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tingkat konsumsi kopi masyarakat indonesia saat pandemi menunjukkan angka yang tinggi tapi tidak sejalan dengan pembelian di warung kopi. Adanya keraguan akan kebersihan di warung kopi menjadikan orang berhati-hati dan menahan diri untuk membeli di tempat yang menimbulkan banyak interaksi dengan orang lain. Sehingga orang akan lebih memilih membeli di tempat yang sepi dan dalam waktu yang singkat. Namun, faktanya konsumen warung kopi di kecamatan turi tetap melakukan pembelian dengan berkerumun dan dalam waktu yang relatif lama. Hal tersebut yang melatarbelakangi penelitian dengan judul “Pengaruh Persepsi Risiko, Kepercayaan, Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Saat Pandemi Covid-19 Dengan Kelompok Referensi Sebagai Variabel Moderasi (Studi Pada Warung Kopi Di Kecamatan Turi Lamongan)”. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan mengenai pengaruh persepsi risiko, kepercayaan, dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian di warung kopi kecamatan turi lamongan, serta pengaruh kelompok referensi dalam memoderasi pengaruh variabel bebas terhadap variabel terikat. Penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode survei. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan 100 responden. Teknik pengumpulan data dengan kuesioner yang diolah dengan IBM SPSS 26. Analisis data dengan koefisien determinasi, uji t, dan uji moderasi menggunakan Moderated Regression Analysis (MRA), yang sebelumnya dilakukan uji asumsi klasik (uji normalitas, uji multikolinearitas, dan uji heteroskedastsisitas). Berdasarkan uji t diperoleh hasil bahwa kepercayaan berpengaruh terhadap keputusan pembelian saat pandemi covid-19 di warung kopi kecamatan turi lamongan dengan nilai signifikansi sebesar 0,031. Sedangkan persepsi risiko dan sikap konsumen tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian saat pandemi covid-19 di warung kopi kecamatan turi lamongan dengan nilai signifikansi sebesar 0,228 dan 0,115. Dan dari uji moderasi, diperoleh hasil bahwa kelompok referensi tidak dapat memoderasi pengaruh persepsi risiko, kepercayaan, dan sikap konsumen terhadap keputusan pembelian saat pandemi covid-19 di warung kopi kecamatan turi lamongan dengan nilai signifikansi masing-masing sebesar 0,283, 0,474, dan 0,357.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Toyyibah, A'imatun Nasihatutaimatun.nt@gmail.comG03217004
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPutranto, Hanafi Adihanafiadiputranto@uinsby.ac.id2005098202
Subjects: Pengambilan Keputusan
Konsumen
Keywords: Persepsi risiko; kepercayaan; sikap konsumen; keputusan pembelian; kelompok referensi.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen
Depositing User: A'imatun Nasihatut Toyyibah
Date Deposited: 16 Sep 2021 11:20
Last Modified: 16 Sep 2021 11:20
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50363

Actions (login required)

View Item View Item