Analisis hukum islam terhadap hutang piutang simpanan bahan pokok di Lumbung Kemakmuran Desa Pajeng Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Jaya, Azrofi Mahendra (2021) Analisis hukum islam terhadap hutang piutang simpanan bahan pokok di Lumbung Kemakmuran Desa Pajeng Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Azrofi Mahendra Jaya_C92217126.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) di Desa Pajeng Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah wawancara dan dokumentasi. Kemudian data yang sudah terkumpul dianalisis menggunakan metode analisa deskriptif-analisis dengan pola pikir induktif yaitu dengan cara menuturkan dan menguraikan serta menjelaskan terlebih dahulu fakta tentang hutang piutang simpanan bahan pokok disertai bunga dan selanjutnya dianalisis dengan konsep Qard dan Riba dalam hukum Islam ditarik satu kesimpulan.Hasil dari penelitian ini menyimpulkan: 1) Praktik hutang piutang dengan adanya tambahan biaya saat pelunasan di Desa Pajeng Kecamatan Gondang Kabupaten Bojonegoro terjadi ketika penerima hutang menghadiri pertemuan rutin Lumbung Kemakmuran untuk melakukan pinjaman, kemudian kedua belah pihak melakukan transaksi secara lisan dan tulisan. Kedua belah pihak saling mengerti bahwa setiap pinjaman maka dikenakan biaya tambahan saat pelunasan dan dijelaskan biaya tambahan sesuai perjanjian awal; dan 2) Praktik hutang piutang simpanan bahan pokok dengan tambahan biaya di Lumbung Kemakmuran ini sah menurut Hukum Islam karena dalam praktik hutang piutang tersebut didasarkan kerelaan kedua belah pihak (antarāḍin) serta untuk membantu warga dusun yang tertimpa paceklik dan untuk membangun fasilitas umum. Dari penelitian di atas maka: 1) Bagi warga Dusun Pajeng khususnya yang melakukan transaksi hutang piutang diharapkan tetap menjaga rasa toleransi dan kekeluargaan, karena dalam prinsip hutang piutang itu saling tolong menolong. 2) Untuk kedua belah pihak diharapkan menjaga keridhaan dalam kesepakatan dan rasa tanggung jawab agar tidak terjadi kesalahpahaman di kemudian hari.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Jaya, Azrofi Mahendraofieopek19@gmail.comC92217126
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisoral-Hamidy, Abu Dzarrinadzarrin2015@gmail.com2004067302
Subjects: Hukum Islam
Hukum Islam > Utang Piutang
Keywords: Hutang piutang; Simpanan Bahan Pokok di Lumbung Kemakmuran; Bunga.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Azrofi Mahendra Jaya
Date Deposited: 15 Sep 2021 11:19
Last Modified: 15 Sep 2021 11:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50335

Actions (login required)

View Item View Item