Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Edutainment masa Pandemi dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SD Alkhairiyah I Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayati, Rachma Nika (2021) Pembelajaran Pendidikan Agama Islam dengan Pendekatan Edutainment masa Pandemi dalam Pembentukan Karakter Religius Siswa di SD Alkhairiyah I Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Rachma Nika Hidayati_F02319077.pdf

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah penerapan dari konsep pembelajaran yang menyenangkan dan menghibur atau edutainment, selayaknya kepada para guru untuk memperhatikan modalitas belajar siswanya. Berbagai macam metode dan strategi untuk dapat mewakili secara keseluruhan akan keberagaman modalitas belajar siswanya. Pada dasarnya, proses pembelajaran akan berlangsung baik dalam kondisi yang baik dan menyenangkan. Pembelajaran PAI yang mengajarkan siswa berkelakuan baik dan mengamalkan nilai-nilai ajaran agama islam. Tindakan yang mendidik untuk mencapai nilai-nilai perilaku manusia yang ditanamkan terhadap seseorang mempengaruhi pola sikap dan tingkah laku terhadap pelaksanaan ibadah agama dan hidup rukun disebut pendidikan karakter religius. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah perencanaan pembelajaran PAI dengan pendekatan edutainment pada masa pandemi untuk membentuk karakter religius siswa di SD Alkhairiyah I Surabaya, Implementasi pembelajaran PAI dengan pendekatan edutainment pada masa pandemi untuk membentuk karakter religius siswa di SD Alkhairiyah I Surabaya, faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran PAI dengan pendekatan edutainment dalam membentuk karakter religius siswa masa pandemi di SD Alkhairiyah I Surabaya. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode studi kasus yang dilakukan di SD Alkhairiyah I Surabaya. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi sedangkan menganalisis data adalah observasi lapangan, wawancara, dokumentasi dengan analisis melalui reduksi data, penyajian data, menarik kesimpulan atau verifikasi, keabsahan data dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) perencanaan pembelajaran PAI masa pandemi dilakukan dengan Zoom Meeting. 2) penerapan pembelajaran PAI dengan edutainment yang menyenangkan dan mengedukasi sekaligus dapat mencerminkan sikap siswa terhadap karakter religius. 3) faktor pendukung dan penghambat dalam pembelajaran PAI masa Pandemi dengan pendekatan edutainment adalah media dan metodologi pendidikan yang kondusif dan dinamis diperlukan untuk pengembangan potensi siswa. Namun guru belum terbiasa melakukan pembelajaran secara online dari jarak jauh karena biasanya pembelajaran dilakukan secara langsung dengan siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayati, Rachma Nikarachmanika87390@gmail.comF02319077
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyafi'i, Imamimamsyafii_amangku@yahoo.com197011202000031002
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda@uinsby.ac.id197001072001121001
Subjects: Metode Pembelajaran > Metode Pembelajaran
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Keywords: Pembelajaran PAI masa Pandemi; Pendekatan Edutainment; Pembentukan Karakter Religius.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Hidayati Rachma Nika
Date Deposited: 16 Sep 2021 02:04
Last Modified: 16 Sep 2021 02:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50329

Actions (login required)

View Item View Item