Analisis Ijarah terhadap sewa tanah di Desa Kebonsari Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fitria, Nur Cholifatul (2021) Analisis Ijarah terhadap sewa tanah di Desa Kebonsari Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Cholifatul Fitria_C92217159.pdf

Download (2MB)

Abstract

Jenis metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kualitatif dengan metode deskripsi analisis. Data penelitian yang berhasil diperoleh dan dikumpulkan dari lapangan menggunakan teknik wawancara. Kemudian dideskripsikan oleh penulis menggunakan alur berpikir deduktif yaitu yaitu dimulai dari gambaran umum ke khusus, dalam hal ini analisis teori ijarah terhadap sewa menyewa kemudian dianalisikan pada praktik sewa tanah di Desa Kebonsari Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo yang menghasilkan kesimpulan dalam sebuah teori baru. Hasil penelitian menemukan bahwa kegiatan sewa-menyewa tanah di Desa Kebonsari Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo dimanfaatkan untuk didirikan dan beroperasinya menara telekomunikasi. Sighat akad sewa dilakukan secara lisan dan tertulis dengan melibatkan pihak berakad. Praktik sewa tanah ini memiliki masa waktu tertentu. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa praktik sewa tanah di Desa Kebonsari Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo ditinjau dari analisis ijarah dengan permasalahan yang ada mengakibatkan akad tersebut menjadi fasad (rusak), sehingga hukum praktik sewa tanah tersebut adalah tidak sah. Menurut analisis ijarah adalah tidak terpenuhi syarat rukun ujrah akibat lalai dalam membayar kompensasi yang telah disepakati oleh para pihak pada awal akad. Selain itu adanya tindakan wanprestasi pihak penyewa dalam kewajiban pemeliharaan objek sewa. Sehingga terdapat unsur merugikan salah satu pihak yaitu pihak pemilik tanah, maka hal- hal itu merusak akad tersebut. Bagi penduduk Indonesia, khususnya masyarakat di Desa Kebonsari Kecamatan Candi Kabupaten Sidoarjo yang akan melakukan atau sedang menjalankan kerjasama sewa menyewa. Peneliti memberikan saran bahwa dalam kegiatan bermuamalah hendaknya selalu memperhatikan prinsip-prinsip yang telah diatur dalam syariat Islam, supaya tidak terjadi hal yang tidak diinginkan terjadi dikemudian hari dan apabila terjadi maka bisa mempertanggung jawabkan dengan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fitria, Nur Cholifatulnurcholifatulfitria@gmail.comC92217159
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSholihuddin, Muhmsholihuddin07@gmail.com197707252008011009
Subjects: Ekonomi Islam
Hukum Islam
Hukum Islam > Ijarah
Keywords: Ijarah; Sewa Tanah.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Nur Cholifatul Fitria
Date Deposited: 14 Sep 2021 01:47
Last Modified: 14 Sep 2021 01:47
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50320

Actions (login required)

View Item View Item