Fenomena maraknya musik shalawat: kajian sejarah, perkembangan dan tradisi budaya di Kecamatan Peterongan, Jombang, Jawa Timur

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rifina, Fitri Aulia Helmi (2021) Fenomena maraknya musik shalawat: kajian sejarah, perkembangan dan tradisi budaya di Kecamatan Peterongan, Jombang, Jawa Timur. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Fitri Aulia Helmi Rifina_A92217109.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode pendekatan sejarah yang digunakan untuk membahas peristiwa sejarah mengenai musik shalawat. Peneliti menggunakan pendekatan histori untuk menjelaskan bagi setiap masa lampau secara rinci. Pendekatan histori ini menitik beratkan pada aspek tertentu, yaitu dimensi waktu. Pada penelitian ini, kerangka teori nya adalah teori fenomenologi. Dalam penelitian ini, peneliti meluangkan banyak waktunya dengan masyarakat Peterongan, Jombang yang akan diteliti. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Masyarakat Jombang dikenal dengan masyarakat yang mencintai musik. Beberapa nama grup besar musik lahir dari Jombang. Kecintaan masyarakat Jombang dengan musik membuat beberapa orang tertarik untuk berdakwah mengggunakan musik. Salah satunya adalah Dewi Hajar dan Grup Fairuz Gambus. 2) Pada mulanya, shalawat hanya digunakan pada daerah pelosok desa. Musik yang digunakanpun sederhana. Mereka hanya menggunakan musik rebana sebagai pengirim lantunan shalawatnya. Pada tahun 1962 hingga tahun 1965, masyarakat hanya menggunakan kempling yang umumnya disebut sebagai alat tradisional rebana dan bedug. 3) Masyarakat memiliki respon yang baik terhadap keberadaan musik shalawat yang sedang ramai saat ini. Pembawaan musik shalawat yang teduh dan sejuk membuat musik ini sering diputar dan digunakan untuk mengiringi kegiatan masyarakat. Musik shalawat membuat konten negatif yang ada di dunia masa menjadi seimbang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rifina, Fitri Aulia Helmiauliahelmirifina@gmail.comA92217109
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZakariya, Nur MukhlishMukhlish_73@yahoo.co.id2001107302
Subjects: Musik
Sejarah > Sejarah Islam
Tradisi Islam
Keywords: Shalawat; Music; Gambus.
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Sejarah dan Peradaban Islam
Depositing User: Fitri aulia Helmi rifina
Date Deposited: 11 Sep 2021 10:24
Last Modified: 11 Sep 2021 10:24
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50301

Actions (login required)

View Item View Item