Nilai-nilai Pendidikan Humanis pada buku Pemikiran dan Perjuangan Ki Hadjar Dewantara dan Implementasinya pada Pendidikan Nasional

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rosyidi, Achmad (2021) Nilai-nilai Pendidikan Humanis pada buku Pemikiran dan Perjuangan Ki Hadjar Dewantara dan Implementasinya pada Pendidikan Nasional. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Achmad Rosyidi_D01217001.pdf

Download (1MB)

Abstract

System pendidikan di era sekarang rasanya telah hilang rasa kepedulian atas mendidik. Masih ada lembaga pendidikan sebagai ladang korupsi dan nepotisme dan juga para pendidik mengajar dengan separuh hati tidak sepenuh hati, lebih individualis tidak mementingkan kemaslahatan bersama, seperti halnya buaya dan monyet ia disuruh memanjat pohon, lantas bagaimana dengan buaya yang mana ia hanya bisa merayap tidak bisa memanjat. Dalam hal ini rasanya sistem pendidikan di Indonesia kurang memperhatikan bahwa bakat dan minat seorang pendidik itu tidak disama ratakan, bahkan dalam hal pengajaran juga tidak bisa disama ratakan. Dengan itu pada kali ini penulis ingin mengangkat sebuah nilai pendidikan humanis pada buku pemikiran dan perjuangan Ki Hadjar Dewantara. Peneliti menggunakan metode kajian pustaka atau Library Research yaitu upaya pencarian dengan disandarkan pada studi pustaka. Lalu menggunakan analisis isi sebagai teknik analisis datanya, dengan buku Pemikiran dan Perjuangan Ki Hadjar Dewantara. Sebuah nilai atau asas pendidikan Ki Hadjar Dewantara yang terkandung dalam buku yakni, Ing Ngarsa Sung Tulada, Ing Madya Mangun Karsa, Tut Wuri Handayani, di harapkan seorang guru dapat mengimplmentasikan bahwa guru harus dapat mendidik dan mendorong anak bukan hanya mentranfer ilmu saja, sosok guru sepatutnya bisa menjadi panutan dan juga dapat mengasuh lebih sabar peserta didiknya layaknya anak kandung sendiri. Dan sampai sekarang semboyan dalam nilai Tut Wuri Handayani menjadi pedoman motivasi Pendidikan Nasional sampai sekarang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rosyidi, Achmadachmadrosyidi01@gmail.comD01217001
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMustofa, Muhammadmustofahuda819@gmail.com2012025701
Thesis advisorTolchah, Mochammadmochtolchah@yahoo.com2005035301
Subjects: Agama > Biografi Tokoh
Islam dan Ilmu Pengetahuan
Agama > Agama dan Ilmu Pengetahuan
Keywords: Pendidikan; Nasional; Humanisme; Nilai.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Achmad Rosyidi
Date Deposited: 10 Sep 2021 01:01
Last Modified: 10 Sep 2021 01:01
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50285

Actions (login required)

View Item View Item