Manajemen penyaluran dana zakat kepada ibnu sabil di lembaga amil zakat ummul quro jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rahmawan, Yusron (2020) Manajemen penyaluran dana zakat kepada ibnu sabil di lembaga amil zakat ummul quro jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Yusron Rahmawan_C87215031.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan analisis deskriptif.Penelitian ini dilakukan di lapangan secara langsung untuk menggali informasi yang berkaitan mengenai Manajemen Penyaluran Dana Zakat dan Kontribusi Penyaluran Dana Zakat Bagi Ibnu Sabil. Hasil penelitian yang diperoleh adalah penyaluran dana zakat kepada ibnu sabil, yang mana anak jalanan atau pengemis mendapatkan bantuan penyaluran dana zakat sebagai ibnu sabil. Pendapat Hasbie Ash Shiddieqy dan Imam Hambali mengatakan bahwasanya anak jalanan atau pengemis termasuk sabagai ibnu sabil karna sifat mereka yang tinggal dijalanan, dan tidak mampu untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Lembaga Amil Zakat Ummul Quro mengatakan bahwasanya anak jalanan atau pengemis bisa mendapatkan bantuan dana zakat sebagai ibnu sabil dengan ketentuan: a) mereka yang ditinggal oleh keluarganya. b) mereka yang tidak lagi memiliki tempat tinggal dikarenakan suatu bencana di tempat asalnya. Meski demikian mereka tetap memiliki tujuan dan tidak lagi menetap di Kota orang lain. Sedangkan untuk kontribusi lembaga terhadap ibnu sabil bisa dikatakan cukup baik.Hal ini dapat dilihat dengan banyaknya ibnu sabil yang terbantu untuk kembali ke tempat tujuan mereka. Dari hasil penelitian di atas dapat disimpulkan bahwa Lembaga Amil Zakat Ummul Quro dalam melakukan penyaluran dana zakat kepada ibnu sabil telah banyak memberikan manfaat bagi ibnu sabil. Salah satunya yakni ibnu sabil bisa kembali ke tempat tujuan mereka dan tidak lagi menjadi anak jalanan atau pengemis di kota orang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rahmawan, Yusronyusronrahmawan19@gmail.comc87215031
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahmawati, Liliklilikhuriyah@gmail.com198106062009012008
Subjects: Amil Zakat
Keywords: Zakat; Penyaluran dana zakat; lembaga Amil Zakat Ummul Quro.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Yusron Rahmawan
Date Deposited: 22 Sep 2021 02:41
Last Modified: 22 Sep 2021 02:41
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50283

Actions (login required)

View Item View Item