Kesehatan reproduksi perempuan dalam Al-Qur'an: studi tafsir tematik Ayat-ayat kesehatan reproduksi perempuan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abroriyah, Sitty Lailanie (2021) Kesehatan reproduksi perempuan dalam Al-Qur'an: studi tafsir tematik Ayat-ayat kesehatan reproduksi perempuan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sitty Lailanie Abroriyah_E93217094.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kesehatan reproduksi merupakan kondisi sehat yang meliputi sistem, fungsi, dan proses reproduksi. Kesehatan reproduksi bagi perempuan sangat penting untuk diperhatikan karena sangat berhubungan dengan proses pembentukan keluarga. Perempuan harus menjaga kesehatan reproduksinya agar tetap terjaga dari segala infeksi ataupun penyakit yang menyerang organ reproduksi. Dalam Islam, kesehatan reproduksi juga berkaitan dengan mekanisme sistem reproduksi itu sendiri yang mencakup haidh, masa kehamilan, menyusui, seks bebas (zina), dan aborsi. Dalam penelitian ini membahas permasalahan mengenai penafsiran ayat-ayat terkait dengan kesehatan reproduksi perempuan dan kontekstualisasi penafsiran ayat-ayat kesehatan reproduksi perempuan Tujuannya adalah untuk mengetahui peran perempuan dalam menjaga kesehatan reproduksi dan untuk mengetahui pendapat mufassir tentang ayat-ayat kontekstual dalam kesehatan reproduksi perempuan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik penelitian tafsir tematik. Kemudian pada titik pembahasan ini dilatarbelakangi oleh tafsir Al-Qur’an dengan menggunakan teori tafsir maudhu’I yaitu; menghimpun ayat-ayat Al-Qur’an yang menyinggung tema tentang kesehatan reproduksi. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penafsiran tentang ayat-ayat kesehatan reproduksi perempuan meliputi larangan berhubungan seksual saat haidh, larangan berzina, dan larangan melakukan aborsi. Maka hal ini dapat ditafsiri oleh para mufassir sebagai dukungan bahwa memang benar Al-Qur’an memperhatikan kesehatan reproduksi perempuan. Dengan demikian ayat-ayat tentang kesehatan reproduksi perempuan dapat dipahami sebagai bentuk pemahaman dalam menjaga kesehatan reproduksi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abroriyah, Sitty Lailaniestlailanie4@gmail.comE93217094
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorUmami, Khoirulstlailanie@gmail.com197111021995032001
Subjects: Kesehatan
Kesehatan

Pemberdayaan > Perempuan
Reproduksi Manusia
Keywords: Kesehatan; Reproduksi perempuan; Al-Qur’an.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Ilmu Alquran dan Tafsir
Depositing User: sitty lailanie abroriyah
Date Deposited: 10 Sep 2021 01:46
Last Modified: 10 Sep 2021 01:46
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50282

Actions (login required)

View Item View Item