Posisi Perempuan Sebagai Imam Sholat: komparasi pemikiran Alimatul Qibtiyah dan Siti Ruhaini Dzuhayatin Perspektif Hermeneutika Gadamer

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohmah, Mawaddatur (2021) Posisi Perempuan Sebagai Imam Sholat: komparasi pemikiran Alimatul Qibtiyah dan Siti Ruhaini Dzuhayatin Perspektif Hermeneutika Gadamer. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mawaddatur Rohmah_E91217038.pdf

Download (1MB)

Abstract

penelitian ini bertujuan untuk mengetahui posisi wanita dalam memimpin sholat yang jamaahnya seorang pria atau campuran. skripsi ini termasuk pada penelitian kualitatif. Adapun kontroversi pemimpin sholat wanita ini, sebelumnya sudah aja sejak 2005 yang dipelopori oleh Amina Wadud yang mana ia menjadi khatib sekaligus mengpemimpini sholat jum'at yang jamaahnya campuran baik wanita maupun pria di Gereja AS.di kalangan muhammadiyah sendiri, juga terjadi hal yang serupa seperti kasus Amina Wadud ini, ada pro dan kontra yang melatarbelakangi masalah ini. salah satunya, dalam pandangan Alimatul Qibtiyah, terdapat tiga golongan orang dalam menafsirkan teks-teks keagamaan yang juga cenderung dipergunakan dalam menafsirkan feminisme dalam Islam. pertama, terdapat golongan yang disebut dengan golongan tekstual-konservatif. kedua adalah golongan moderat, serta ketiga adalah golongan kontekstual-progresif. ketiga golongan penafsiran akan teks keagamaan yang secara khusus juga paling sering dipergunakan sebagai dasar akan penerapan tentang landasan-landasan feminisme adalah golongan progresif serta golongan moderat.sama halnya dengan Qibtiyah, Siti Ruhaini juga menampakkan karakteristik berfikirnya dalam setiap karyanya, salah satunya adalah REZIM GENDER MUHAMMADIYAH: Kontestasi Gender, Identitas, dan Eksistensi yang menampung jalan berfikirnya yang progresif. Siti Ruhaini dalam bukunya tersebut mencoba untuk mencapai kenyataan dalam masyarakat akan pentingnya mendalami suatu teks hingga sampai pada akar hubungannya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohmah, Mawaddaturmawaddaturrohmah2018gmail.comE91217038
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRofhani, Rofhaninanirofhani@gmail.com2030017101
Subjects: Wanita dalam Islam
Keywords: Wanita; Alimatul qibthiyah; Siti ruhaini.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: mawaddatur rohmah
Date Deposited: 05 Oct 2021 14:19
Last Modified: 05 Oct 2021 14:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50270

Actions (login required)

View Item View Item