Tradisi Kawin Colong di Desa Kadayunan Kecamatan Kabad Kabupaten Banyuwangi: perspektif istihsan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nabilah, Firyal Imtiyaz (2021) Tradisi Kawin Colong di Desa Kadayunan Kecamatan Kabad Kabupaten Banyuwangi: perspektif istihsan. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Firyal Imtiyaz Nabilah_C91217050.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan dengan judul “Tradisi kawin colong di Desa Kadayunan Kecamatan Kabad Kabupaten Banyuwangi perspektif Istihsan” yang ditulis untuk menjawab pertanyaan: 1) Bagaimana proses tradisi kawin colong di Desa Kadayunan Kecamatan Kabad Kabupaten Banyuwangi?\ 2) Bagaimana analisis Istihsan terhadap tradisi adat kawin colong di Desa Kadayunan Kecamatan Kabad Kabupaten Banyuwangi. Penelitian ini menggunakan teknik analisi deskriptif, yakni menggambarkan serta penjelasan data secara sistematis sehingga memperoleh pemahaman yang menyeluruh tentang pernikahan colong di Desa Kadayunan Kecamatan Kabad Kabupaten Banyuwangi. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa, pertama kawin colong dilakukan karena orang tua dari pihak perempuan tidak merestui laki-laki yang dipilih oleh anaknya, dan cara ini dilakukan karena orang tua yang awalnya tidak merestui pada akhirnya akan merestui karena masyarakat suku Osing percaya bahwa jika ada seseorang yang dicolong oleh laki-laki dan tidak dinikahkan oleh dia, maka akan menjadi perawan tua dan tidak laku. Kedua, kawin colong yang dilakukan masyarakat sekitar tidak melanggar syariat Islam karena telah memenuhi syarat dan rukun yang telah ditetapkan, walaupun diawali dengan sesuatu yang tidak selaras dengan Islam yaitu cara laki-laki nyolong perempuan dimalam hari meskipun sudah ada kesempatan diantara keduanya. Saran ditunjukkan kepada pembaca serta seluruh lapisan masyarakat khususnya bagi yang beragama Islam hendaknya lebih berhati-hati dalam memilih pasangan hidup, menimbang konsekuensi dari keputusan yang akan diambil, dan juga lebih memperdalam pengetahuan seputar perkawinan, sehingga dapat melaksanakan ketentuan-ketentuan seputar fikih munakahat sesuai dengan syari’at Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nabilah, Firyal Imtiyazfiryalimyz@gmail.comC91217050
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhufron, Muhammad--197602242001121003
Subjects: Perkawinan
Tradisi Islam
Keywords: Tradisi; Adat; kawin colong; Pernikahan.
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Firyal Imtiyaz Nabilah
Date Deposited: 09 Sep 2021 10:55
Last Modified: 09 Sep 2021 10:55
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50259

Actions (login required)

View Item View Item