Perilaku impulse buying Generasi-Z melalui Shopee selama covid-19 dalam perspektif etika bisnis islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Afifah Isnaini Cahyani (2021) Perilaku impulse buying Generasi-Z melalui Shopee selama covid-19 dalam perspektif etika bisnis islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Afifah Isnaini Cahyani Putri_G94217074.pdf

Download (1MB)

Abstract

Covid-19 membuat Generasi-Z lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah sehingga merubah pola perilaku pembelian Generasi-Z yang awalnya berbelanja di toko menjadi belanja secara online. Salah satu tempat belanja online yang diminati oleh Generasi-Z yaitu Shopee. Shopee menawarkan berbagai macam bentuk promosi yang dapat membuat Generasi-Z melakukan impulse buying. Penelitian ini bertujuan untuk membahas perilaku impulse buying dan tinjauan etika bisnis Islam terhadap perilaku impulse buying yang dilakukan oleh Generasi-Z melalui Shopee selama Covid-19. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi yang dilakukan kepada 20 informan yang terdiri dari 10 orang pembeli di Shopee dan 10 orang penjual di Shopee. Hasil dari penelitian ini yaitu selama Covid-19, Generasi-Z sering berbelanja melalui online dikarenakan takut untuk keluar rumah sehingga lebih banyak menghabiskan waktu di dalam rumah, hal tersebut membuat Generasi-Z sering melakukan impulse buying. Perilaku impulse buying yang dilakukan oleh Generasi-Z didasari oleh keputusan spontan yang dilakukan tanpa sadar dan merupakan respon cepat setelah mendapat rangsangan dari sekitar mereka tanpa mempertimbangkan manfaat jangka panjang dari barang yang dibelinya. Generasi-Z seringkali merasa menyesal ketika telah mendapatkan barang yang mereka beli. Faktor-faktor yang menyebabkan Generasi-Z melakukan impulse buying yaitu memiliki banyak waktu luang dan tergiur dengan promosi yang diberikan oleh penjual di Shopee, promosi yang menarik perhatian Generasi-Z yaitu tampilan produk yang eye catching, diskon, gratis ongkos kirim, dan melihat review atau penilaian produk yang ingin dibeli. Dalam melakukan impulse buying Generasi-Z masuk dalam tipe pure impulse buying, suggestion impulse buying dan planned impulse buying. Perilaku impulse buying yang dilakukan oleh Generasi-Z belum menerapkan etika bisnis Islam secara optimal karena ada beberapa informan ketika melakukan impulse buying belum sesuai dengan salah satu prinsip dari etika bisnis Islam yaitu prinsip kesatuan, dimana para informan yang melakukan impulse buying membeli barang berdasarkan keinginan mereka bukan berdasarkan apa yang mereka butuhkan. Saran untuk para Generasi-Z agar lebih selektif lagi sebelum melakukan transaksi pembelian dan diharapkan dapat membuat skala prioritas dalam berbelanja agar tidak mudah tergiur dengan promo yang ditawarkan oleh penjual. Untuk pengelola Shopee diharapkan dapat menerapkan batasan jumlah transaksi pembelian agar masyarakat dapat mengontrol diri dalam berbelanja.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Afifah Isnaini Cahyaniafifahisnainicp@gmail.comG94217074
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Sirajulsirajul.arifin@uinsby.ac.id2014057001
Subjects: Pendidikan > Perilaku
Bisnis
Konsumen
Keywords: Impulse Buying; Generasi-Z; Shopee; Etika Bisnis Islam.
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Afifah Isnaini Cahyani Putri
Date Deposited: 07 Sep 2021 14:04
Last Modified: 07 Sep 2021 14:04
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50255

Actions (login required)

View Item View Item