Pengembangan desain pembelajaran PAI berbasis Microsoft 365 dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Angelica, Devy Eka (2021) Pengembangan desain pembelajaran PAI berbasis Microsoft 365 dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Devy Eka Angelica_ F02319044.pdf

Download (3MB)

Abstract

Problematika pembelajaran PAI di sekolah formal pada umumnya adalah minimnya kemampuan guru PAI dalam menyusun desain pembelajaran PAI yang sesuai dengan kebutuhan dan tujuan pembelajaran. Berbagai macam teknologi pun menjadi alternatif untuk mendukung penyusunan desain pembelajaran PAI, salah satunya adalah platform Microsoft 365. Desain pembelajaran PAI berbasis Microsoft 365 diharapkan dapat memberikan peningkatan kemandirian belajar pada siswa, khususnya pembelajaran jarak jauh (PJJ)/dalam jaringan (daring). Mengingat bahwa saat pembelajaran daring, peran guru tidak bisa sepenuhnya memantau proses belajar. Masalah yang telah dirumuskan pada penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah proses pengembangan desain pembelajaran PAI berbasis Microsoft 365; dan (2) Bagaimanakah efektivitas desain pembelajaran PAI berbasis Microsoft 365 dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa. Metode penelitian pengembangan menggunakan milik Sugiyono pada level III dengan menerapkan model desain pembelajaran ASSURE. Langkah-langkah yang mencakup 11 langkah, dengan tahapan awal Penelitian terhadap produk yang telah ada; Studi literatur dan penelitian lapangan; Perencanaan desain produk; Pengujian internal; Revisi desain; Pembuatan produk; Uji coba produk; Revisi produk; Uji coba pemakaian; Revisi desain pembelajaran; dan pengaplikasian secara Massal. Uji efektivitas dilakukan menggunakan perhitungan nilai gain. Hasil penelitian ini adalah (1) Produk berupa desain pembelajaran PAI berbasis Microsoft 365 yang dikembangkan berdasarkan metode RnD level 3 milik Sugiyono yang dilakukan dari tahap awal hingga akhir; (2) Efektivitas desain pembelajaran PAI berbasis Microsoft 365 dalam meningkatkan kemandirian belajar siswa pada kelas eksperimen ditandai dengan nilai gain sebesar 0,59 dengan interpretasi Sedang

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Angelica, Devy Ekaangelicadevyeka@gmail.comF02319044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZainiyati, Husniyatus Salamahhusniyatussalamah@uinsby.ac.id2021036901
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Subjects: Belajar
Mandiri
Teknologi
Keywords: Pengembangan; Desain Pembelajaran; Pendidikan Agama Islam; Microsoft 365; Kemandirian Belajar.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Devy Eka Angelica
Date Deposited: 07 Sep 2021 03:19
Last Modified: 07 Sep 2021 03:19
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50241

Actions (login required)

View Item View Item