Kesah sebagai teknik meditasi dan zikir dalam persudaraan setia hati terate (PSHT)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sari, Evi Kurnia (2021) Kesah sebagai teknik meditasi dan zikir dalam persudaraan setia hati terate (PSHT). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Evi Kurnia Sari_E97217051.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji mengenai salah satu ajaran dalam organanisasi pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate yaitu kesah. Kesah dalam PSHT merupakan praktik ajaran pokok atau panca dasar PSHT yang kelima yaitu Kerohanian. Kesah masuk kedalam salah satu teknik olah napas yang tujuannya adalah membangkitkan zat Ilahi (zat kesah) dalam tubuh manusia khususnya bagi anggota PSHT. Sama dengan zikir yang dilakukan dengan menyebut asma Allah dan meditasi yang menempatkan Tuhan sebagai titik fokusnya, kesah dalam PSHT juga dijadikan tangga pijakan oleh siswa dan warga PSHT agar semakin dekat dengan Tuhan Yang Maha Esa. Ada berbagai cara dalam usaha mendekatkan diri kepada Tuhan, namun dalam skripsi ini peneliti akan secara spesifik membahas mengenai praktik kesah. Adapun rumusan masalah yang di angkat yaitu Pertama, Bagaimana histori kesah dalam organisasi pencak silat Persaudaraan Setia Hati Terate? Kedua, Bagaimana penerapan kesah sebagai teknik meditasi dan zikir dalam Persaudaraan Setia Hati Terate? Ketiga, Bagaimana pengaruh kesah bagi anggota Persaudaraan Setia Hati Terate?. Tujuan penelitian ini adalah secara khusus mengemukakan histori kesah dalam PSHT, memaparkan bagaimana kesah dapat digolongkan sebagai teknik meditasi dan zikir, serta pengaruhnya terhadap anggota PSHT. Metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif kepustakaan (library research). Sumber datanya dibagi menjadi dua yaitu, sumber data primer yang diperoleh dari anggota PSHT UINSA, anggota PSHT Rayon Tugurejo, dan anggota PSHT lainnya. Sumber data sekunder diperoleh dari buku-buku yang relevan, jurnal, skripsi, dan lain-lain. Kesah dalam PSHT melibatkan meditasi baik yang bersifat spiritual maupun non-spiritual, zikir yang digunakan adalah zikir khafi atau zikir qalbi yang menggunakan hati dalam usaha mengingat dan menyebut asma Allah. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa anggota PSHT dengan amalan kesah yang dijaga menunjukkan beberapa kelebihan. Dari segi fisik ia mampu menunjukkan kekuatan tangan, kepala, kaki, perut, dada lebih kuat yang dapat dilihat dari beberapa pertunjukkan seni menghancurkan benda-benda keras. Sedangkan dari aspek batiniah, pesilat SH Terate yang menjaga kesah cenderung lebih tenang, hati-hati, sabar, tidak mudah cemas ataupun stress, serta memiliki keyakinan yang kuat pada Tuhan Yang Maha Esa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sari, Evi Kurniaekurniasari149@gmail.comE97217051
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@uinsby.ac.id2019107701
Subjects: Doa dan Zikir
Psikologi Islam
Pencak Silat
Keywords: Kesah; Meditasi; Zikir.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Evi Kurnia Sari
Date Deposited: 07 Sep 2021 02:45
Last Modified: 07 Sep 2021 02:45
URI: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/50224

Actions (login required)

View Item View Item